10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Penderita Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah

Jumat, 09 Desember 2022 | 09:05 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Penderita Diabetes, Bisa Turunkan Gula Darah

ILUSTRASI. Ada 10 buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gula darah Anda tetap rendah. TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


KONTAN.CO.ID - Bagi penderita diabetes, peningkatan glukosa darah jangka panjang dapat menyebabkan masalah dalam bentuk peningkatan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kehilangan penglihatan. Dan jika Anda memiliki pradiabetes, Anda pasti ingin memperhatikan kadar gula yang masuk dalam tubuh.

Mengurangi konsumsi permen memainkan peran utama dalam mengelola gula dalam tubuh. Meski demikian, Anda tidak harus menghilangkan semua makanan manis untuk menjaga kadar gula Anda tetap rendah. 

Beberapa buah bisa menjadi pilihan yang sangat membantu. Memang, tidak ada buah yang benar-benar menurunkan glukosa darah Anda (karena bagaimanapun juga, buah mengandung gula). Tetapi beberapa pilihan lebih baik daripada yang lain.

Berikut adalah 10 buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gula darah Anda tetap rendah seperti yang dilansir dari Eat This Not That dan Healthline:

 

1. Blueberry

Dengan kandungan serat yang cukup 3,5 gram per cangkir dan indeks glikemik rendah 53, blueberry masuk dalam daftar buah terbaik untuk gula darah. 

Sebuah tinjauan tahun 2016 terhadap beberapa penelitian menemukan bahwa buah beri berwarna nila dapat memiliki efek anti-diabetes pada manusia dan hewan (tetapi menekankan perlunya penelitian lebih lanjut tentang topik tersebut).

Sebaiknya pilih blueberry liar. Karena ukurannya yang lebih kecil, mereka memiliki rasio kulit dan buah yang lebih tinggi. Per cangkir, blueberry liar memiliki lebih dari 6 gram serat. Buah ini juga penuh dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Gejala Asam Urat yang Tak Boleh Dianggap Sepele, Kenali Sebelum Telat

2. Apel

Apel memiliki banyak manfaat untuk gula darah. Selain kandungan seratnya yang besar dan skor GI yang rendah, apel kaya akan polifenol—alias senyawa antioksidan yang dapat membantu merampingkan kadar gula darah. 

Menurut ulasan tahun 2016 di jurnal Nutrients, polifenol dapat membantu merangsang produksi insulin dan menjaga gula darah agar tidak melonjak atau turun.

3. Tomat

Tomat rendah pada skala GI dan rendah karbohidrat, sehingga tidak akan meningkatkan glukosa darah secara signifikan.

Perlu diketahui bahwa saus tomat dan produk tomat lainnya sering menambahkan gula. Pilih tomat mentah untuk memanfaatkan nutrisi dan antioksidan paling banyak.

Baca Juga: Merupakan Silent Killer, Ini Golongan Darah yang Berisiko Terserang Stroke

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru