1 Desember 2021 ​Hari AIDS Sedunia, ini cara mencegah HIV/AIDS & siapa berisiko?

Rabu, 01 Desember 2021 | 16:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
1 Desember 2021 ​Hari AIDS Sedunia, ini cara mencegah HIV/AIDS & siapa berisiko?

ILUSTRASI. 1 Desember 2021 ?Hari AIDS Sedunia, ini cara mencegah HIV/AIDS & siapa berisiko?

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Hari AIDS Sedunia diperingati setiap 1 Desember. Tahun ini, Hari AIDS Sedunia diperingati pada Rabu, 1 Desember 2021.

Tema Hari AIDS Sedunia 2021 adalah “Akhiri Ketimpangan, Akhiri AIDS” yang bertujuan untuk menjangkau masyarakat yang masih kurang kesadaran diri akan bahaya penyakit ini.

HIV adalah virus yang melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. Orang yang terpapar virus HIV akan mudah terkena infeksi oportunistik atau mudah terinfeksi sejumlah penyakit antara lain TBC, meningitis dan lain-lain.

Sedangkan AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV. Dapat dikatakan positif AIDS jika HIV telah berhasil menghancurkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Baca Juga: Daftar hari libur dan hari besar di bulan Desember 2021

Kasus pertama Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Indonesia terjadi pada tahun 1987, dengan ditemukannya seorang turis Belanda yang meninggal di Bali.

Namun, penyebaran HIV di Indonesia meningkat setelah tahun 1995. Pada tahun 2000 juga terjadi peningkatan yang signifikan dalam penyebaran epidemi HIV melalui pekerja seks.

Namun, sampai saat ini belum ada vaksin HIV. Salah satu cara untuk mengurangi jumlah kasus pengidap HIV/AIDS adalah dengan pencegahan HIV/AIDS.

Baca Juga: HIV/AIDS Bisa Dicegah, Berikut Ini Beberapa Cara Pencegahannya

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru