kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tidak sulit, inilah 3 cara mengatasi stres yang efektif


Rabu, 02 September 2020 / 10:37 WIB
Tidak sulit, inilah 3 cara mengatasi stres yang efektif
ILUSTRASI. Meditasi bisa jadi salah satu cara mengatasi stres yang efektif.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Stres bisa datang dari mana saja. Entah dari pekerjaan, urusan di rumah, atau hal lainnya. Karena tak bisa dihindari, cara mengatasi stres penting untuk Anda ketahui. Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar stres berkurang.

Anda bisa memiliki lebih dari satu cara mengatasi stres. Jadi, jika salah satu cara mengatasi stres tidak bisa dilakukan di waktu tertentu, Anda masih punya cara mengatasi stres lainnya. Very Well Mind merekomendasikan tiga strategi mengurangi stres yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Stres Jangka Pendek

Ada beberapa pilihan cara mengatasi stres jangka pendek. Anda bebas memilih apa saja yang Anda sukai. Pilihlah kegiatan yang bisa dilakukan di mana saja, gratis, bisa mengurangi stres langsung, dan tidak memerlukan banyak latihan dalam melakukannya.

Baca Juga: Apa itu mental block? Pengertian dan 5 cara mengatasinya

Cara mengatasi stres pertama yang bisa Anda lakukan adalah meditasi. Very Well Mind mengatakan bahwa ada beberapa jenis meditasi. Anda bisa memilih meditasi seperti apa yang Anda inginkan, misalnya mindfulness.

Mindfulness adalah cara mengatasi stres berupa kesadaran tentang apa yang Anda lihat, dengar, hirup, rasakan, dan sentuh. Cara mengatasi stres ini melibatkan kepekaan seluruh indra di tubuh Anda. Saat fokus terhadap kondisi Anda saat ini, pikiran Anda tentang masa lalu dan masa depan menjadi lebih tenang.

Selain meditasi, sedikit jalan kaki bisa dijadikan cara mengatasi stres. Selain menikmati pemandangan, jalan kaki juga memberikan efek sehabis olahraga yang bisa menyehatkan tubuh. Anda bisa jalan-jalan sebentar di waktu istirahat atau saat pulang dari kantor.

Cara Mengatasi Stres di Rumah

Ada banyak sekali cara mengatasi stres di rumah. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, menghirup aromaterapi, atau melakukan hobi yang Anda sukai. Memeluk anggota keluarga bisa memicu produksi oksitosin yang bisa menurunkan stres dalam tubuh.

Baca Juga: Ingin tidur lebih nyenyak, simak dua tips berikut

Mengutip dari Very Well Mind, hasil penelitian menunjukkan bahwa menghirup aromaterapi mampu mengubah aktivitas gelombang otak dan mengurangi stres. Aromaterapi bisa didapat dari lilin, diffuser, atau produk perawatan tubuh.

Cara Mengatasi Stres Jangka Panjang

Very Well Mind tak lupa untuk merekomendasikan cara mengatasi stres jangka panjang. Beberapa kebiasaan perlu diubah agar Anda lebih mudah dalam mengelola stres. Kegiatan meditasi dan olahraga penting untuk dilakukan secara rutin agar tubuh lebih sehat.

Selain itu, cara mengatasi stres juga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan. Hindari makanan yang bisa meningkatkan gula darah, seperti karbohidrat berlebih atau makanan ringan, karena bisa meningkatkan stres dan kecemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×