kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala dan penyebab badan lemas ini perlu Anda waspadai


Kamis, 26 November 2020 / 10:11 WIB
Gejala dan penyebab badan lemas ini perlu Anda waspadai


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang jadi penyebab badan lemas. Mulai dari terlalu banyak bekerja, stres, atau kurang tidur. Flu dan pilek juga bisa menyebabkan hal yang sama. Umumnya, badan yang lemas bisa sembuh dengan cepat. Namun, Anda perlu waspada jika kondisi tersebut berlangsung dalam jangka waktu lama.

Penyebab Badan Lemas

Penyebab badan lemas yang pertama adalah kondisi emosional atau psikologis yang tidak stabil. Sebagai manusia, Anda pasti pernah mengalami depresi. Saat kondisi tersebut berlangsung dalam jangka waktu lama, tubuh yang lemas dan gejala lainnya perlu ditangani secara klinis.

Jika Anda mengalami depresi dan tanda lain, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah. Selain depresi, penyebab lain yang berhubungan dengan kondisi emosional adalah kelelahan, terlalu banyak melakukan pekerjaan, stres, dan kurang tidur.

Tak hanya kondisi emosional, kondisi fisik Anda juga bisa membuat badan menjadi lemas. Healthgrades (healthgrades.com) menyebutkan bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan terjadinya hal tersebut.

Baca Juga: Inilah gejala dan cara membersihkan usus kotor secara alami

Beberapa di antaranya adalah anemia, kanker, diabetes, hipotiroidisme, infeksi, malnutrisi, asma, atau penyakit sistem pernapasan lainnya. Penyakit yang berhubungan dengan otak atau sumsum tulang belakang, sistem imun tubuh, dan peradangan otot juga dapat jadi penyebab lain.

Penyebab badan lemas selanjutnya yang perlu Anda waspadai berhubungan dengan penyakit yang mengancam nyawa. Beberapa penyakit yang disebutkan Healthgrades adalah aritmia atau detak jantung tidak normal, gagal ginjal, serangan jantung, stroke, dan lain-lain.

Gejala Badan Lemas

Kondisi kesehatan yang menyebabkan badan menjadi lemas biasanya dilengkapi pula dengan gejala lainnya. Anda bisa sering mengalami sakit perut, urin berdarah, diare, demam dan menggigil, urin berbau sangat tak sedap, kehilangan nafsu makan, dan tidak mengalami haid bagi wanita.

Baca Juga: Manfaat rebusan jahe, serei dan gula merah, dari cegah kanker, mual, diabetes dll

Jika badan lemas disebabkan karena faktor emosional, beberapa gejala yang Anda alami adalah merasa cemas, kesulitan mengingat, berbicara, dan berpikir, dan sering mengalami perubahan mood.

Setelah merasakan gejala-gejala yang telah disebutkan, ada baiknya bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika beberapa kondisi lain Anda alami. Misalnya, kesulitan tidur dan melakukan aktivitas sehari-hari, tak bisa bergerak, dan gejala yang Anda rasakan semakin parah.

Selanjutnya: ​5 Manfaat dan khasiat buah pisang, baik untuk kecantikan dan turunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×