kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45914,93   -8,56   -0.93%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara diet sehat bisa Anda coba dengan 4 hal ini, lo


Rabu, 12 Mei 2021 / 08:15 WIB
Cara diet sehat bisa Anda coba dengan 4 hal ini, lo


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beragam cara diet sehat yang bisa Anda praktikkan. Mulai dari olahraga, mengonsumsi makanan tertentu, dan menerapkan pola hidup sehat yang lain. Tak hanya digunakan sebagai cara menurunkan berat badan, diet yang baik juga berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk membiasakan diri, Medical News Today (medicalnewstoday.com) merekomendasikan Anda untuk membuat jurnal diet. Isilah jurnal itu dengan makanan dan minuman apa yang Anda konsumsi. Durasi dan intensitas olahraga yang Anda lakukan juga bisa dimasukkan dalam jurnal tersebut.

Dengan membuat jurnal, proses diet Anda menjadi lebih terkontrol. Selain diet, masih banyak cara diet alami lainnya yang menarik untuk dicoba. Dengan melakukannya secara rutin dan disiplin, berat badan Anda menjadi lebih terkontrol dan kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

Konsumsi Protein

Menu diet sehat yang sebaiknya Anda konsumsi saat sarapan adalah makanan yang kaya protein. Jenis nutrisi itu mampu mengontrol hormon lapar sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Ada banyak sumber protein yang bisa Anda pilih, seperti telur, quinoa, oatmeal, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara diet sehat untuk menurunkan berat badan, konsumsi makanan ini

Konsumsi Serat

Selain protein, mengonsumsi serat juga termasuk dalam cara diet sehat. Mengonsumsi serat mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena nutrisi itu tidak dicerna di usus kecil. Hal itu bisa jadi salah satu cara supaya nafsu makan lebih terkontrol.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung banyak serat. Mulai dari sayur, buah, sereal, oatmeal, kacang-kacangan. Anda bisa mengkombinasikan jenis makanan tersebut sebagai menu diet. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Tidur

Tips diet lainnya yang sebaiknya Anda ikuti adalah mencukupi waktu istirahat atau tidur di malam hari. Mengutip dari Medical News Today, tidur kurang dari lima jam per malam meningkatkan risiko obesitas. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Waktu tidur berpengaruh pula dengan metabolisme dalam tubuh. Saat kurang tidur, metabolisme tubuh dapat terganggu. Akibatnya, energi yang tidak terpakai akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mencukupi waktu tidur setiap hari.

Baca Juga: Cara agar diet semakin efektif menurunkan berat badan secara cepat

Batasi Konsumsi Gula

Membatasi konsumsi gula dalam minuman termasuk salah satu cara diet sehat.

Cara diet sehat berikutnya adalah dengan membatasi konsumsi gula. Makanan dan minuman yang mengandung gula lebih cepat dicerna dan berubah menjadi glukosa. Glukosa yang masuk ke darah dapat memicu produksi insulin sehingga jumlah lemak yang disimpan tubuh bertambah.

Selanjutnya: Coba 4 cara mengecilkan perut dengan bahan alami ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×