kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk, coba 4 pelurus rambut dari bahan-bahan alami ini


Senin, 25 Januari 2021 / 12:00 WIB
Yuk, coba 4 pelurus rambut dari bahan-bahan alami ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut kering dan keriting sering kali membuat penampilan kurang maksimal. Anda bisa mengatasinya dengan memakai pelurus rambut. Alih-alih memakai pelurus yang terbuat dari bahan kimia, Anda bisa memanfaatkan bahan alami.

Pelurus dengan bahan dasar kimia berisiko membuat rambut Anda rusak. Namun, hal itu bisa Anda hindari dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda. Selain membuat rambut lurus, bahan alami juga mampu menutrisi rambut dengan baik.

Beberapa bahan alami yang bisa Anda pakai adalah santan, lemon, telur, minyak zaitun, madu, susu, dan lain sebagainya. Anda tak perlu khawatir karena bahan-bahan tersebut mudah didapat dan digunakan.

Santan dan Lemon

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), santan dan lemon bisa dimanfaatkan untuk meluruskan rambut. Kandungan vitamin C dari bahan tersebut juga mampu menjaga kesehatan kulit kepala. Dengan memakainya secara rutin, rambut akan terlihat lebih lembut dan mudah diatur.

Caranya, campur ¼ gelas santan dengan 1 sdm air lemon lalu masukkan campuran itu ke kulkas selama semalaman. Di pagi hari, gunakan masker dari ujung hingga pangkal rambut. Diamkan dulu selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 3 Cara meluruskan rambut secara alami, mudah dicoba

Telur dan Minyak Zaitun

Pelurus rambut selanjutnya bisa Anda buat dengan memanfaatkan telur dan minyak zaitun. Telur mengandung banyak protein yang dapat melembutkan rambut. Saat dikombinasikan dengan minyak zaitun, rambut Anda akan menjadi lebih mudah untuk ditata.

Pertama, aduk 2 butir telur dan 3 sdm minyak zaitun hingga benar-benar tercampur. Setelah itu, aplikasikan pada seluruh area rambut kemudian diamkan dulu selama 60 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan sampo bebas sulfat.

Susu dan Madu

Madu yang dicampur dengan susu bisa digunakan sebagai pelurus rambut.

Stylecraze merekomendasikan susu dan madu untuk meluruskan rambut Anda. Selain membuat rambut lurus dan mudah ditata, bahan-bahan alami tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau.

Anda perlu mencampur ¼ gelas susu dengan 2 sdm madu terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan susu dan madu yang sudah teraduk rata pada seluruh bagian rambut kemudian diamkan selama dua jam. Selanjutnya, bilas dengan air dan sampo.

Baca Juga: 4 Cara meluruskan rambut yang mudah dilakukan

Pisang dan Pepaya

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan, pisang dan pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai pelurus rambut. Cara yang harus Anda lakukan cukup mudah. Hancurkan pisang dan pepaya dengan ukuruan yang sama sampai benar-benar lembut.

Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan diamkan dulu selama 45 menit atau sampai masker mengering. Selanjutnya, bilas dengan sampo dan air. Anda bisa melakukan cara tersebut sebanyak satu kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Cara meluruskan rambut pria dengan 7 bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×