kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada! 4 ciri-ciri Covid-19 ini tak banyak disadari


Rabu, 10 Maret 2021 / 14:45 WIB
Waspada! 4 ciri-ciri Covid-19 ini tak banyak disadari
ILUSTRASI. Muncul ruam dan bercak merah bergelembung air jadi salah satu ciri-ciri Covid-19 yang bisa Anda alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ciri-ciri Covid-19 yang umum terjadi adalah batuk, demam, dan sesak. Tidak berhenti sampai di situ, ada banyak gejala lain yang biasanya tidak Anda sadari.

Hal itu cukup membahayakan karena tanpa sadar Anda bisa menularkan virus corona ke orang lain.

Dengan menyadari ada gejala Covid-19 yang dirasakan, Anda bisa lebih cepat menghubungi tenaga kesehatan. Sembari menunggu intruksi, jangan lupa untuk melakukan isolasi mandiri dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Usahakan untuk tetap berada di dalam rumah dan menghindari kerumunan. Selain itu, gunakan masker secara benar dan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Tentu, pastikan untuk tetap memantau gejala-gejala yang muncul. Siapa tahu, ada gejala baru yang tidak langsung Anda sadari.

Baca Juga: Kasus Covid-19 B.1.1.7 bertambah, ini vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Diare

Diare jadi salah satu ciri-ciri Covid-19 yang tidak disadari oleh banyak orang. Mengutip dari Healthline, diare dialami oleh 1/3 pasien Covid-19.

Hasil tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan Stanford Medicine dengan melibatkan 116 partisipan. Diare biasanya dibarengi dengan mual dan muntah.

Hilangnya kemampuan indra pencecap dan penciuman

Selain diare, gejala Covid-19 yang bisa Anda alami adalah hilangnya kemampuan indra pencecap dan penciuman. Para peneliti di University of California melibatkan 59 pasien terinfeksi virus corona.

Hasilnya, lebih dari 2/3 dari partisipan itu mengalami kehilangan kemampuan indra pencecap dan penciuman. Sebenarnya, kemampuan indra tersebut juga bisa hilang karena faktor lain, seperti flu.

Maka dari itu, segera hubungi tenaga kesehatan jika Anda menyadari gejala yang muncul.

Baca Juga: 3 Dampak virus corona ini tidak boleh Anda abaikan, hati-hati!




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×