kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak banyak yang tahu, inilah 5 manfaat buah naga untuk kesehatan


Jumat, 05 Maret 2021 / 10:49 WIB
Tak banyak yang tahu, inilah 5 manfaat buah naga untuk kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat buah naga bisa Anda dapat jika Anda menggunakan atau mengonsumsinya secara rutin.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buah naga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Lantas, apa manfaat buah naga? Kandungan buah naga itu penting untuk menjaga kesehatan Anda.

Mengutip dari Lifehack (lifehack.org), buah naga adalah salah satu jenis buah yang mengandung sedikit kalori. Hanya terdapat 60 kalori dalam satu buah tersebut. Artinya, tubuh lebih mudah untuk mencerna buah naga sehingga nutrisi pun bisa terserap secara maksimal.

Jumlah kalori itu juga menunjukkan bahwa buah naga cocok dimasukkan dalam menu diet sehat. Anda akan merasa kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat berkurang. Selain cocok dijadikan menu diet, masih banyak lagi manfaat lain yang dimiliki buah naga.

Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Supaya hal itu tak terjadi, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan, misalnya buah naga.

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker atau penyakit lain. Tidak berhenti sampai di situ, manfaat buah naga berasal dari kandungan seratnya. Serat mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 buah-buahan tropis yang memiliki manfaat bagus bagi kesehatan

Mencegah Tanda Penuaan

Selain menyebabkan berbagai jenis penyakit, radikal bebas dapat memunculkan tanda-tanda penuaan di kulit. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk menggunakan masker yang terbuat dari buah naga dan madu. Cobalah untuk melakukan cara tersebut secara rutin supaya Anda bisa mendapat hasil maksimal.

Obat Jerawat

Salah satu manfaat buah naga adalah megobati jerawat di wajah Anda.

Khasiat buah naga yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis buah itu cocok dijadikan obat jerawat. Anda hanya perlu mengolah buah naga menjadi pasta lalu aplikasikan pada area kulit yang berjerawat. Selanjutnya, bilas dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut dua kali sehari agar jerawat bisa cepat hilang.

Baca Juga: Manfaat buah salak ini berguna untuk kesehatan Anda

Mengatasi Diabetes

Manfaat buah naga lainnya berguna untuk penderita diabetes. Lifehack mengatakan bahwa serat dalam buah naga mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter supaya tak mengalami efek samping.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah naga selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Buah naga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk jantung. Tak hanya itu, kandungan dalam buah naga juga mampu mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh.

Selanjutnya: 5 Jus buah dan sayur yang efektif mengobati diabetes melitus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×