kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suka bawa bekal? ini komposisi bekal sehat dengan gizi seimbang


Sabtu, 13 Maret 2021 / 08:30 WIB
Suka bawa bekal? ini komposisi bekal sehat dengan gizi seimbang


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pandemi Covid-19 membuat sebagian gaya hidup berubah. Di antaranya yakni membawa peralatan makan sendiri saat berpergian atau ke kantor. 

Meski demikian, akan lebih sehat jika karyawan yang masih WFO (Work From Office) untuk membawa bekal makan siang saat di kantor. 

Bekal sehat tentunya perlu memperhatikan jumlah asupan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti komposisi karbohidrat, protein, dan lemak. 

Pemenuhan akan kebutuhan asupan gizi dalam bekal makan kita dapat di isi dengan makanan pokok, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan. 

Baca Juga: Mematuhi protokol kesehatan jadi kunci selama WFO

Komposisi bekal sehat 

Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut adalah komposisi bekal sehat:

1. Makanan pokok

Makanan pokok di Indonesia tidak hanya terpaku pada nasi saja, ada berbagai pilihan selain nasi sebagai sumber karbohidrat dan menjadi referensi untuk bekal antara lain, Singkong, Sagu, Bihun, Mie, Jagung, dan Kentang. 

Sebagai acuan, 150g nasi dapat diganti dengan 3 buah sedang kentang (300g), atau 11/2 gelas mie kering (75g).

2. Lauk pauk

Lauk pauk terdiri dari pangan bersumber protein hewani dan protein nabati. Beberapa sumber protein yang dapat menjadi referensi untuk bekal antara lain Ikan dan hasil laut lainnya, ayam, daging sapi, telur, dan susu beserta produk olahannya.

Selain sumber protein hewani terdapat pula sumber protein nabati yang cocok untuk dijadikan bekal sehat kita seperi tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Rahasia Warren Buffett hingga Jeff Bezos tetap kaya, ternyata mudah ditiru

3. Buah dan sayur

Buah merupakan sumber dari vitamin dan mineral. Buah memilki banyak manfaat bagi tubuh kita. Antara lain dapat mencegah penyakit jantung dan mencegah kerusakan hati dan stroke. 

Selain itu buah juga dapat dijadikan sebagai diet alami yang dapat mencegah kolesterol jahat yang dapat menyerang tubuh kita. 

Buah juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita. Selain buah-buahan, sayur juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. 

Beberapa di antara sayuran yang ada dapat di konsumsi tanpa di masak terlebih dahulu, namun ada juga yang memerlukan proses pengolahan terlebih dahulu agar menambah cita rasa dari sayuran tersebut dan lebih higeinis.

Nah, bekal sehat dengan gizi seimbang akan memunculkan kebiasaan untuk mengonsumsi makanan rumahan yang jauh lebih sehat dibandingkan harus jajan di luar. Membawa bekal juga dapat menjamin makanan tetap higeinis.

Selanjutnya: Tidak bisa mencium bau bukan hanya karena corona, ini penyebab lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×