kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selebgram Candrika Chika Pakai Vape Untuk Konsumsi Ganja, Ini Bahaya Asap Vape


Jumat, 26 April 2024 / 16:00 WIB
Selebgram Candrika Chika Pakai Vape Untuk Konsumsi Ganja, Ini Bahaya Asap Vape
ILUSTRASI. Selebgram Candrika Chika Pakai Vape Untuk Konsumsi Ganja, Ini Bahaya Asap Vape


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Bahaya Asap Vape - Jakarta. Selebgram Chandrika Chika diketahui mengonsumsi narkoba jenis ganja dengan dihisap menggunakan rokok elektronik atau vape. Berikut bahaya asap vape untuk kesehatan.

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi karena konsumsi ganja. Diberitakan Tribunnews.com, selebgram Chandrika Chika diketahui mengonsumsi narkoba jenis ganja dengan dihisap menggunakan rokok elektronik atau vape. 

Chandrika Chika mengonsumsi narkoba bersama lima selebgram lainnya. Terkait kasus ini, tidak hanya terancam mendapatkan hukuman, Chika bersama kelima temannya juga berisiko alami bahaya kesehatan. 

Hal ini diungkapkan oleh Dokter spesialis paru prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P.  Vape saja tanpa kandungan ganja saja sudah berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Apalagi jika menggunakan kandungan ganja di dalamnya.  "Penggunaan ganja memilki pengaruh yang buruk terhadap dua hal. Pertama, kesehatan fisik dan kedua kesehatan mental," ungkapnya saat dihubungi Tribunnews, Jumat (26/4/2024). 

Lebih lanjut Prof Tjandra ungkap dampaknya pada kesehatan paru. Vape mengandung bahan karsinogen sama dengan asap tembakau.

Karenanya, rentan mengalami radang pada saluran pernapasan. Kemudian bisa mengalami peningkatan hambatan jalan napas. 

Kemudian bisa terjadi hiperinflasi paru. Yaitu saluran udara di paru-paru sempit, dan udara serta lendir tidak bisa keluar. Bisa juga mengalami bronkitis kronis. 

"Kenapa masih banyak yang pakai, sama juga dengan semua tahu bahwa merokok merugikan kesehatan tetapi puluhan juta orang Indonesia masih juga merokok," tutupnya. 

Baca Juga: Benarkah Nikotin Penyebab Masalah Kesehatan Akibat Merokok?

Bahaya asap vape

Dilansir dari website Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, bahaya asap vape bisa menimbulkan berbagai penyakit. Berikut bahaya asap vape untuk kesehatan:

Vape sebabkan paru-paru bocor

Bahaya asap vape yang pertama adalah menyebabjab paru-paru bocor. Dalam satu kasus di Amerika Serikat pada remaja usia 18 tahun, dilaporkan telah mengalami paru-paru bocor hingga memerlukan pemasangan selang di dada. Pasien itu memiliki riwayat penggunaan vaping selama 1,5 tahun.

Vape dapat menyebabkan pnemuonia

Bahaya asap vape yang kedua adalah menyebabkan pnemuonia. Bahaya asap vape ini dialami seorang pasien laki-laki usia 18 tahun di Indonesia.

Ia memiliki keluhan sesak napas dan batuk-batuk sejak 3 minggu. Muncul demam di awal, dan batuk disertai sedikit bercak darah. Dia tidak memiliki riwayat tuberkulosis (TB) dan asma, namun pasien diketahui menggunakan vape dalam 3 bulan. Pasien akhirnya didiagnosis mengalami penumonia atau radang paru.

vape dapat menyebabkan asma

Bahaya asap vape yang ketiga adalah menyebabkan asma. Dalam studi tahun 2019 di Amerika Serikat pada 32.000 orang dewasa dengan penyakit paru menemukan, rokok elektronik meningkatkan risiko penyakit paru termasuk asma 30 persen lebih besar, dibandingkan yang tidak pernah merokok maupun tidak pernah menggunakan vape. Risiko asma lebih besar apabila ia menjadi perokok konvensional dan rokok elektronik.

Risiko vape dengan kanker paru

Bahaya asap vape yang keempat adalah kanker paru. Penelitian tahun 2019 di Taiwan yang dipublikasikan di PNAS pada mencit di laboratorium menunjukkan, bahaya vape rokok atau rokok elektronik dapat meningkatkan risiko kanker paru.

Hasilnya adalah sembilan dari 40 mencit atau 22,5 persen yang terpapar asap rokok elektronik dengan kandungan nikotin selama 54 minggu timbul kanker paru jenis adenokarsinoma.

Risiko vape menyebabkan Evali

Bahaya asap vape yang kelima adalah menyebabkan evali. Evali adalah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh konsumsi rokok elektrik atau vape.

Evali tercatat pernah terjadi di Amerika, yang mana paru-paru pasien mengalami kerusakan akut setelah ia mengonsumsi vape rokok selama beberapa minggu. Pasien juga memerlukan perawatan di ICU, dan memakai ventilator.

Itulah bahaya asap vape untuk kesehatan. Ingat, bahaya asap vape tidak hanya ditanggung para perokoknya tapi juga orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×