kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekomendasi makanan tinggi protein untuk dikonsumsi sehari-hari


Senin, 04 Januari 2021 / 10:33 WIB
Rekomendasi makanan tinggi protein untuk dikonsumsi sehari-hari
ILUSTRASI. Telur rebus adalah salah satu makanan tinggi protein.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi makanan tinggi protein penting untuk Anda lakukan secara rutin. Jika tidak, ada banyak dampak yang terasa pada tubuh Anda.

Berbagai macam sistem dalam tubuh membutuhkan protein supaya bisa berjalan normal. Protein berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, membentuk otot, mengurangi stres, memperkuat tulang, hingga menurunkan berat badan.

Selain mengonsumsi makanan berprotein tinggi, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan rendah karbo. Men’s Health (menshealth.com) mengatakan bahwa mengurangi asupan karbo berdampak baik untuk kesehatan tubuh.

Pertama, makanan yang mengandung sedikit karbo mampu mengurangi inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Selain itu, jenis makanan tersebut juga dapat mengontrol jumlah gula darah. Supaya manfaat tersebut bisa Anda dapat, cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi protein ini secara rutin.

Baca Juga: Yuk, coba 4 makanan untuk diet terbaik ini

Telur Rebus

Makanan tinggi protein pertama yang bisa Anda konsumsi adalah telur rebus. Dalam sebutir telur rebus berukuran besar, terdapat 6 g protein dan 0.6 g karbo. Telur juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh sehingga kesehatan Anda bisa terjaga.

Selai Kacang

Tahukah Anda bahwa selai kacang adalah sumber protein yang bisa Anda konsumsi secara rutin? Anda bisa mendapat 8 g protein dan 6 g karbo dalam 30 g selai kacang. Cobalah untuk mengkombinasikan jenis makanan tersebut dengan buah atau sayur agar manfaatnya lebih terasa.

Keju

Keju memiliki berbagai macam varian yang mengandung jumlah protein yang berbeda-beda. Secara umum, Anda bisa mendapat 26 g hingga 35 g protein dalam 100 g keju. Sama seperti selai kacang, Anda bisa mencampur keju dengan buah atau sayur bernutrisi.

Baca Juga: Inilah daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi pasca melahirkan

Kalkun

Kalkun termasuk dalam salah satu makanan tinggi protein.

Makanan yang mengandung protein selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah daging kalkun. Dalam 100 g daging kalkun, Anda bisa mendapat 30 g protein dengan hanya 0.1 g karbo. Cobalah untuk mengonsumsi kalkun dengan alpukat.

Kandungan serat, folat, magnesium, zat besi, zinc, dan mineral serta vitamin lain memberikan efek yang baik untuk kesehatan Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa merasa kenyang lebih lama sehingga cocok dimasukkan dalam menu diet sehat.

Selanjutnya: Rekomendasi cemilan ibu hamil yang lezat dan mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×