kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Produk perawatan kulit asal India masuk pasar lokal


Sabtu, 09 Januari 2021 / 19:43 WIB
Produk perawatan kulit asal India masuk pasar lokal
ILUSTRASI. Produk kecantikan India


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar Indonesia memang banyak menggiurkan pebisnis luar negeri. Termasuk untuk produk kesehatan dan kecantikan dari luar negeri berebutan mencari ceruk di pasar local. Salah satu produk kecantikan dan perawatan kulit dari India.

Hal ini dimanfaatkan oleh CEO & Founder Gamal Men, Fariz Egia Gamal yang mendapatkan lisensi ekslusif untuk menjual produk kecantikan perawatan kulit dari India. Pada Oktober 2019, Fariz sering memromosikan produk skin care dari India yang dia pakai di akun Instagram dan juga Youtube.

Ternyata, video tersebut mendapat respon yang luar biasa. Kata dia, banyak yang bertanya di mana bisa membeli produk skin care yang dia bahas di Instagram dan Youtube. Fariz kemudian mendirikan Gamal Men pada 8 Januari 2020 yang fokus untuk menjual skin care untuk pria. Lewat toko online tersebut, Fariz juga menjual skin care untuk pria yang diproduksi dari India yaitu Ustraa.

Ustraa adalah salah satu brand perawatan wajah dari India dengan harga yang bersahabat telah mendominasi pasar produk perawatan pria di Indonesia. Tidak hanya face-wash, namun dilengkapi dengan rangkaian komplit seperti face-mask, face-scrub, sampai moisturizer dan sunscreen untuk melindungi kesehatan kulit wajah dari paparan sinar matahari. Ustraa merupakan brand impor yang berkualitas tinggi, bebas paraben, tidak mengandung zat kimia yang berbahaya, dan tidak diujikan kepada hewan (cruelty free).

Brand Ustraa telah berkolaborasi dengan Ganal Men, yang merupakan sebuah tech platform yang mengakomodasi pria Indonesia untuk mencapai potensi maksimalnya. Tidak hanya produk impor, berbagai brand produk lokal juga tersedia di Gamal Men.

“Jadi Gamal Men itu memang khusus menjual produk skin care untuk pria. Selain produk lokal, saya juga menyediakan produk skin care dari India. Dan ternyata responnya luar biasa. Penjualan skin care dari India dua kali lebih banyak dibandingkan produk lokal. Konsumen biasanya memesan produk skin care dari India tersebut lewat e-commerce seperti Shopee,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (9/12).

Fariz melanjutkan, Gamal Men didirikan untuk memudahkan konsumen pria untuk bisa memilih produk skin care yang pas. Karena, berdasarkan hasil tesisnya, Fariz menemukan masih banyak konsumen pria yang tidak tahu di mana harus membeli skin care dan merek apa yang paling bagus.

“Jadi, skin care untuk pria ini menjadi tesis S2 saya. Saya melakukan wawanncara dengan banyak orang. Dari situ yang tahu bahwa banyak pria yang ingin melakukan perawatan kulit tapi tidak tahu harus beli skin care di mana. Karena itulah, saya memutuskan untuk mendirikan GAMAL Men,” ujarnya.

Fariz menambahkan, penjualan skin care dari India terus meningkat hingga akhir 2020. Berdasarkan omzet, produk skin care dari India yang dijual di GAMAL Men bisa mencapai Rp 500 juta per bulan.

Sedangkan produk skin care lokal hanya sekitar Rp 250 juta. Menurut Fariz, salah satu kelebihan skin care buatan India adalah aromanya yang berbeda dengan skin care buatan lokal. Kata dia, aroma skin care dari India unik dan harganya juga lebih murah dibandingkan produk lokal.  Fariz menambahkan, produk skin care India dijual dengan harga di bawah Rp 100.000 di Gamal Men. Sementara itu, rata-rata produk skin care lokal dibandrol dengan harga di atas Rp 100.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×