kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski banyak manfaat, ini efek samping kunyit perlu dihindari


Selasa, 23 Maret 2021 / 16:33 WIB
Meski banyak manfaat, ini efek samping kunyit perlu dihindari


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya berguna untuk menyedapkan rasa makanan, kunyit juga berguna untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati terhadap efek samping kunyit.

Mengutip dari Drugs (drugs.com), kandungan dalam kunyit mampu menurunkan jumlah kolesterol, mengurangi gatal akibat penyakit ginjal kronis, dan mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak penyakit yang bisa diatasi dengan kunyit.

Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat tersebut. Untuk mendapat manfaat kunyit tersebut, Anda bisa mengonsum kunyit secara langsung atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Efek Samping Kunyit

Sebelum mengonsumsi suplemen kunyit, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Apalagi jika ada beberapa jenis penyakit yang Anda alami. Mulai dari diabetes, kanker payudara, tubuh kekurangan zat besi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Manfaat temulawak untuk kesehatan: menurunkan kolesterol sampai asam urat

Jika Anda sudah mendapat izin dokter untuk mengonsumsi suplemen kunyit, jangan lupa untuk mengikuti saran pemakaian atau dosis yang sudah ditetapkan dokter. Mengonsumsi suplemen kunyit tanpa arahan dokter dapat memicu berbagai macam efek samping.

Mulai dari memar, pendarahan yang tidak berhenti, jumlah gula darah meningkat, diare, mual, dan muntah. Jika muncul reaksi alergi, seperti muncul ruam atau Anda mengalami sesak napas, segera hubungi tenaga kesehatan supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Cara Menghindari Efek Samping Kunyit

Selain mengikuti saran dokter, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya terhindar dari efek samping mengonsumsi kunyit. Pertama, konsumsi kunyit berpengaruh pada kemampuan tubuh menyerap zat besi. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi suplemen penambah zat besi.

Kedua, hindari konsumsi suplemen kunyit saat Anda mengonsumsi suplemen herbal yang berpengaruh pada penggumpalan darah. Ketiga, usahakan untuk tidak mengonsumsi suplemen kunyit saat Anda mengonsumsi suplemen penurun gula darah.

Baca Juga: 11 Manfaat kunyit untuk kesehatan, mencegah diabetes sampai serangan jantung

Obat yang Berpengaruh Pada Asupan Kunyit

Seperti yang sudah dikatakan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kunyit. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi beberapa jenis obat. Beberapa jenis obat yang disebutkan Drugs adalah obat depresi, obat asma, obat diabetes, obat sakit kepala, dan obat hipertensi.

Selanjutnya: Efek samping daun pepaya untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×