kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Teh Putih untuk Mengurangi Risiko Kanker, Ada 8 Khasiat Penting


Jumat, 10 Mei 2024 / 08:57 WIB
Manfaat Teh Putih untuk Mengurangi Risiko Kanker, Ada 8 Khasiat Penting
ILUSTRASI. Teh putih


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat teh putih untuk mengurangi risiko kanker adalah salah satu khasiat yang penting diketahui. Tak hanya itu, ada berbagai manfaat teh putih lainnya bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Teh putih adalah salah satu jenis teh yang semakin populer dalam dunia kesehatan dan kecantikan. 

Teh putih dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan berbagai manfaat kesehatan yang dapat diberikan.

Baca Juga: Sendi Sering Kaku? Waspada 5 Gejala Rematik Berikut

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat teh putih untuk kesehatan tubuh di antaranya:

Kaya Antioksidan

Teh putih mengandung sejumlah besar antioksidan, termasuk katekin, epigallocatechin gallate (EGCG), dan lainnya. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Konsumsi teh putih secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Tenggorokan, Coba 5 Bahan Alami Ini

Mendukung Kesehatan Jantung

Studi menunjukkan bahwa minum teh putih secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan dalam teh putih dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan, meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), dan menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Manfaat untuk Berat Badan

Teh putih juga telah dikaitkan dengan manfaat penurunan berat badan. Kandungan kafein dalam teh putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu dalam pembakaran lemak, dan memperlambat penyerapan karbohidrat. Selain itu, teh putih dapat membantu mengontrol nafsu makan, sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Sering Sakit Perut? Waspada Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu Berikut

Perlindungan Kulit

Kandungan antioksidan dalam teh putih juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Mereka membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Teh putih dapat membantu memperlambat penuaan kulit, mengurangi keriput, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mendukung Kesehatan Mental

Kafein dalam teh putih dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan daya ingat. Selain itu, teh putih juga mengandung asam amino L-theanine, yang dapat memberikan rasa ketenangan dan relaksasi. Kombinasi kafein dan L-theanine dapat meningkatkan fungsi kognitif dan membantu mengurangi stres.

Melindungi Kesehatan Gigi

Teh putih juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri dalam mulut. Ini dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Selain itu, teh putih juga mengandung fluoride alami, yang baik untuk kesehatan gigi.

Baca Juga: Kaya Antioksidan Hingga Baik Untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai

Mendukung Kesehatan Tulang

Teh putih mengandung mineral seperti fluor, magnesium, dan mangan yang penting untuk kesehatan tulang. Kandungan ini dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Mengurangi Risiko Kanker

Studi praklinis menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh putih, terutama EGCG, dapat memiliki efek antikanker. Mereka dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan memperlambat penyebaran kanker dalam tubuh.

Meskipun teh putih memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan efek samping, seperti kegelisahan dan gangguan tidur. Selain itu, teh putih sebaiknya tidak dicampur dengan gula tambahan, karena ini dapat mengurangi manfaat kesehatannya.

Selanjutnya: Cuka Apel Baik untuk Turunkan Gula Darah dan Berat Badan, Cek Manfaat Lain Cuka Ini

Menarik Dibaca: 25 Ucapan Selamat Hari POM TNI 2024, Simpan dan Bagikan di Media Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×