kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus harian corona tembus 12.000, lakukan ini jika orang terdekat positif Covid-19


Sabtu, 16 Januari 2021 / 06:49 WIB
Kasus harian corona tembus 12.000, lakukan ini jika orang terdekat positif Covid-19
ILUSTRASI. Kasus harian corona tembus 12.000, lakukan ini jika orang terdekat positif Covid-19. REUTERS/Soe Zeya Tun


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jumlah kasus positif virus corona di Indonesia bertambah semakin banyak setiap hari. Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan jika orang terdekat atau anggota keluarga positif virus corona. Langkah-langkah ini penting untuk mencegah penularan corona di rumah.

Dikutip dari laman Covid19.go.id, hingga Jumat (15/1) ada tambahan 12.818 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia dan merupakan penambahan terbanyak. Sehingga total menjadi 882.418 kasus positif corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 7.491 orang sehingga menjadi sebanyak 718.696 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 238 orang menjadi sebanyak 25.484 orang.

Tak perlu panik jika ada orang terdekat atau anggota keluarga terinfeksi virus corona. Lima langkah berikut mungkin bisa membantumu untuk menghadapi situasi ketika orang terdekat dinyatakan positif corona.

1. Persiapan matang

Sebelum anggota keluargamu atau kerabat di komunitasmu sakit, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat ( CDC), menyarankan untuk memeriksa keadaan orang-orang terdekatmu dan cari tahu apakah ada yang mereka butuhkan jika sakit.

Mengumpulkan daftar nomor kontak darurat juga akan sangat membantu. Nomor tersebut termasuk penyedia layanan kesehatan, dinas kesehatan setempat, rumah sakit setempat, dan layanan ambulans.

Baca juga: Jangan khawatir, 3 reaksi ini bisa timbul setelah disuntik vaksin virus corona

Menurut editor kepala dari buku terbitan American Academy of Pediatrics, "Caring for Your Baby and Young Child: Birth to Age 5 and The Wonder Years", Dr. Tanya Altmann, orangtua juga harus menyiapkan struktur di mana anak-anak dan pengasuhnya -jika ada, memahami peran dan harapan mereka. "Banyak orangtua akan sakit. Jadi, apa rencana yang telah disiapkan? Bagaimana cara isolasi mereka dan siapa yang akan menggantikan peran mereka sebagai orangtua?" kata Altmann, seperti dilansir CNN.

"Kita perlu tahu apa yang harus dilakukan agar kita tidak panik dan kesusahan jika salah satu orangtua dinyatakan terinfeksi." Jika perencanaan ini belum dibuat ketika seseorang dinyatakan positif, lakukan perencanaan segera atau minta bantuan orang terdekat lainnya untuk membantu.

Pastikan kamu selalu menerapkan standar kebersihan sebelum terjangkit Covid-19. Kebiasaan menerapkan standar kebersihan ini harus dilakukan secara otomatis dan rutin setiap hari untuk melindungi diri dari kuman, pilek dan flu.

Selain rajin mencuci tangan dengan sabun, menghindari menyentuh area wajah dengan tangan kotor dan menjaga jarak, CDC juga mengingatkan untuk secara rutin membersihkan permukaan-permukaan dengan pembersih rumah, diikuti dengan disinfektan. Jangan lewatkan benda-benda yang sering dipegang, seperti gagang pintu, saklar lampu, dan lainnya. Selain itu, gunakan masker berlapis tiga jika meninggalkan rumah.




TERBARU

[X]
×