kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jika ada tanda ini saat PMS, segera ke dokter


Senin, 12 Desember 2016 / 14:15 WIB
Jika ada tanda ini saat PMS, segera ke dokter


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. PMS atau Pra Menstrual Syndrome merupakan salah satu kondisi yang terjadi pada 85% wanita. Ketidaknyamanan jelang menstruasi memang hal yang normal terjadi pada wanita. Namun, tidak semua gejala PMS pada wanita adalah hal yang normal terjadi.

Dilansir dari Fox News, sebaiknya, Anda mewaspadai gejala yang mungkin menjadi tanda penyakit lebih serius. 

1. Muncul bercak sebelum waktu menstruasi

Bercak yang muncul sebelum menstruasi ternyata bisa jadi tanda endometriosis. Kondisi ini menyebabkan jaringan rahim tumbuh di luar sehingga dapat memacu perkembangan kista yang berbahaya.

Kram perut sebelum menstruasi yang parah serta nyeri saat melakukan seks juga menjadi tanda endometriosis yang perlu diwaspadai.

2. Pertumbuhan rambut pada wajah

Salah satu tanda PMS yang tidak wajar dan berbahaya adalah munculnya rambut pada bagian wajah atau tubuh. Rambut rontok di kepala yang berlebihan juga menjadi gejala PMS yang berbahaya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan masalah kesuburan.

3. Siklus PMS dan menstruasi semakin pendek

Siklus mulai dari PMS hingga selesai menstruasi juga menjadi tanda bahwa sesuatu terjadi dengan normal. Jika terlalu pendek, ada indikasi masalah pada kesuburan. Pada wanita di bawah 40, siklus yang terlalu pendek dapat menjadi tanda masalah ovarium sehingga dapat menyebabkan menopause yang terlalu dini.  

4. Kram berlebihan

Kram perut memang normal terjadi pada saat PMS ataupun selama menstruasi. Namun, kram perut berlebihan juga bisa jadi masalah yang serius. Tanda-tanda lain seperti mual, muntah dan mati rasa pada kaki bisa menjadi tanda endometriosis yang perlu diwaspadai. Kondisi ini dapat berpotensi menjadi kemandulan dan kista.

5. Gejala PMS terjadi terus menerus

Gejala PMS pada wanita bisa saja terjadi terlalu cepat atau terjadi terus menerus. Misalnya terjadi kembung sepanjang bulan, kondisi ini bisa saja menjadi gejala iritasi usus atau masalah lain. Periode gejala PMS yang terlalu panjang menjadi tanda munculnya masalah-masalah lain pada tubuh.

(Gisela Niken/Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×