kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan sampai terbalik saat menggunakan masker kain, ini alasannya


Jumat, 10 April 2020 / 21:41 WIB
Jangan sampai terbalik saat menggunakan masker kain, ini alasannya
ILUSTRASI. Ilustrasi masker kain. Masker kain disebut 70% efektif menangkal virus. REUTERS/Willy Kurniawan TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sudahkah Anda disiplin menggunakan masker kain 3 lapis sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona? 

Pekan lalu, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk menggunakan masker kain 3 lapis jika berada di tempat publik. Masker kain disebut 70%  efektif menangkal virus. 

Baca Juga: Kasus positif corona di Jatim bertambah 33 orang, terbanyak di Surabaya

Hal ini sejalan dengan rekomendasi terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang juga meminta masyarakat untuk menggunakan masker kain agar dapat menekan laju penularan virus SARS-CoV-2. Dalam penggunaan masker kain, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar fungsinya efektif dalam menangkal kuman. 

Salah satunya, pastikan tak terbalik saat mengenakan masker. Mengapa? 

Posisi masker jangan terbalik  
Ahli Penyakit Tropik dan Infeksi, dr. Erni Juwita Nelwan, SpPD-KPTI mengungkapkan, penggunaan masker kain diyakini dapat mengurangi risiko tertular virus sepanjang tetap menjaga kebersihan tangan. Ia mengingatkan, hal yang perlu diperhatikan saat memakai masker kain adalah sisi masker untuk luar dan dalam jangan sampai terbalik saat menggunakannya. 

"Menggunakan maskernya tetap harus tertib yang untuk bagian luar digunakan di luar karena bisa jadi sudah banyak kotoran/kuman yang menempel di situ," ujar Erni saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/4). 

Baca Juga: Sebanyak 161 tenaga medis di DKI positif corona, dua orang meninggal

Masker kain juga harus terjaga kebersihannya. "Masker kain juga harus disimpan dengan baik, seperti disimpan dalam kantong tertutup, tidak diletakkan sembarangan, karena bisa jadi kotor," lanjut Erni. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×