kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan anggap enteng, ini 5 bahaya anemia


Rabu, 06 Januari 2021 / 17:15 WIB
Jangan anggap enteng, ini 5 bahaya anemia


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anemia adalah suatu kondisi di mana Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Anemia bisa bersifat sementara atau jangka panjang (kronis).

Dalam banyak kasus, anemia biasanya tidak menimbulkan komplikasi berat. Akan tetapi, anemia yang dibiarkan tanpa penanganan juga bisa mengancam jiwa. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Jika kita tidak memiliki cukup sel darah merah, organ tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen dan tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini dapat menimbulkan konsekuensi yang parah. Berikut berbagai komplikasi serius akibat anemia:

1. Lelah atau lesu

Anemia dapat membuat kita merasa lelah, lemah dan lesu, sehingga lebih sulit untuk menjadi produktif dan efektif di tempat kerja. Kita juga menjadi sering mengantuk dan merasa sulit untuk berolahraga secara normal.

Baca Juga: Sayuran yang mengandung zat besi ini bisa mengatasi kurang darah

2. Sistem kekebalan tubuh lemah

Anemia yang parah dapat melemahkan sistem kekebalan, membuat kita lebih rentan terhadap pilek, flu, dan penyakit lain, serta infeksi.

3. Komplikasi jantung atau paru-paru

Kasus anemia berat berisiko mengalami takikardia. Takikardia adalah kondisi kelainan jantung yang membuat detak jantung tidak normal atau gagal jantung. Kondisi ini bisa membuat jantung tidak dapat memompa darah secara efektif dan suplai oksigen ke seluruh tubuh pun terhambat.

4. Komplikasi kehamilan

Wanita hamil yang mengalami anemia berat berisiko mengalami komplikasi selama kehamilan. Mereka juga berpotensi tinggi mengalami depresi pasca melahirkan.

Baca Juga: Macam-macam penyakit kelainan darah yang umum diderita manusia

5. Kematian

Beberapa anemia bawaan, seperti anemia sel sabit, dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Kehilangan banyak darah dengan cepat mengakibatkan anemia akut dan parah dan bisa berakibat fatal.

Beberapa jenis anemia juga bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan mengandung nutrisi dan mineral berikut: - Zat besi Nutrisi ini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi daging sapi kacang-kacangan, lentil, sereal yang diperkaya zat besi, sayuran berdaun hijau tua, dan buah.

- Folat

Selain supelmen, nutrisi ini bisa kita temukan pada buah-buahan, sayuran berdaun hijau tua, kacang hijau, kacang merah, dan kacang tanah.

- Vitamin B-12

Makanan kaya vitamin B 12 bisa kita temukan pada daging, produk susu, dan sereal serta produk kedelai.

- Vitamin C

Makanan yang kaya vitamin C antara lain buah dan jus jeruk, paprika, brokoli, tomat, melon, dan stroberi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Bahaya Anemia.
Penulis: Ariska Puspita Anggraini

Baca Juga: Daftar penyakit komorbid yang layak dan belum layak mendapat vaksin corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×