kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 5 penyebab ketombe, ada yang sedang Anda alami?


Kamis, 25 Maret 2021 / 12:27 WIB
Inilah 5 penyebab ketombe, ada yang sedang Anda alami?
ILUSTRASI. Ada banyak penyebab ketombe yang sebaiknya Anda atasi dengan benar.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Salah satu masala kulit kepala yang dialami oleh banyak orang adalah ketombe. Sebelum menggunakan produk-produk perawatan, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui penyebab ketombe terlebih dahulu.

Maklum, tak hanya menimbulkan rasa malu, ketombe juga dapat menimbulkan rasa gatal dan iritasi.

Melansir laman Femina.in, ketombe berasal dari banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Kondisi itu merupakan hal yang biasa, tapi ketika dibiarkan, ada banyak masalah yang muncul. Salah satunya adalah kulit kepala mengelupas.

Dengan mengetahui faktor-faktor yang memicu kemunculan ketombe, Anda bisa lebih mudah untuk menentukan perawatan apa yang Anda butuhkan. Beberapa hal yang bisa menimbulkan ketombe, misalnya, kulit kepala berminyak dan terlalu kering.

Usia

Banyaknya ketombe yang Anda miliki dipengaruhi oleh usia, lo. Biasanya, ketombe lebih sering dan lebih mudah muncul pada usia 16-25 tahun. Alasannya karena kelenjar sebasea atau kelenjar yang memproduksi minyak cukup aktif pada usia tersebut.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa dijadikan cara menghilangkan kutu rambut

Olahraga

Olahraga termasuk penyebab ketombe berikutnya yang bisa Anda alami. Apalagi, jika Anda melakukan olahraga berat dalam jangka waktu lama.

Kegiatan itu dapat meningkatkan produksi keringat, termasuk di kulit kepala, sehingga produksi ketombe pun meningkat. Maka dari itu, usahakan untuk selalu mencuci rambut setelah Anda melakukan olahraga.

Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang melakukan aktivitas fisik lain, di mana produksi keringat lebih besar daripada biasanya.

Rambut dan kulit kepala kering

Menurut Femina.in, terlalu sering mencuci rambut justru tidak baik karena bisa membuat kulit kepala kering. Minyak alami yang dibutuhkan rambut bisa hilang saat Anda mencuci rambut.

Jika hal itu terjadi, kulit kepala justru menjadi kering dan mudah mengelupas sehingga ketombe pun tak bisa Anda hindari.

Baca Juga: 5 Bahan alami ini bisa dijadikan cara menghilangkan ketombe, lo

Kulit kepala berminyak

Ketombe lebih sering dialami oleh Anda yang memiliki tipe kulit kepala berminyak. Jika terus dibiarkan, jamur dan bakteri lebih mudah menginfeksi sehingga kondisi kesehatan rambut dan kulit kepala Anda bisa terganggu.

Stres

Stres termasuk salah satu penyebab ketombe, lo.

Penyebab ketombe selanjutnya yang tidak disadari oleh banyak orang adalah stres emosional. Saat stres, kebiasaan makan dan rutinitas yang biasa Anda jalani dapat berubah.

Hal itu juga berpengaruh pada stabilitas sistem-sistem yang ada dalam tubuh sehingga produksi ketombe pun dapat meningkat.

Selanjutnya: Manfaatkan bahan alami ini untuk atasi rambut rontok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×