kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 4 manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh Anda


Senin, 29 Maret 2021 / 12:10 WIB
Inilah 4 manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh Anda
ILUSTRASI. Manfaat kunyit bisa Anda rasakan saat Anda mengonsumsinya secara rutin.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis rempah di Indonesia yang memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah kunyit. Manfaat kunyit berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan mengonsumsi jenis rempah itu secara rutin, ada banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Kunyit bisa Anda olah menjadi berbagai macam hidangan. Hal itu menunjukkan bahwa merasakan manfaat jenis rempah itu adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Anda bisa meminum air rebusan kunyit atau mencampur kunyit dengan makanan-makanan yang Anda sukai.

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi kunyit adalah peradangan atau inflamasi dalam tubuh Anda bisa teratasi dengan bahan alami itu. Selain berperan sebagai antiinflamasi, tentu saja masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda rasakan dari mengonsumsi kunyit.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pharmeasy (pharmeasy.in) menyebutkan bahwa mengonsumsi kunyit dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Hal itu disebabkan karena tingginya antivirus, antibakteri, dan antijamur yang terkandung dalam kunyit.

Supaya Anda terhindar dari banyak penyakit, cobalah untuk mengonsumsi satu gelas susu yang dicampur dengan 1 sdt kunyit. Lakukan kebiasaan itu setiap hari agar daya tahan tubuh semakin kuat dalam melawan infeksi penyakit.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini efektif untuk menghilangkan kutil

Mengurangi Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, ada banyak tanda penuaan yang terlihat di kulit Anda. Mulai dari garis halus, kerutan, noda hitam, dan lain sebagainya. Antioksidan dalam kunyit mampu mencegah kerusakan sel kulit.

Tak hanya itu, manfaat kunyit juga berguna untuk meningkatkan kondisi kesehatan kulit Anda, lo. Mengutip dari Pharmeasy, kunyit bisa mencegah jerawat, mengobati eksim, mengurangi dan mempercepat proses penyembuhan luka, dan mencerahkan warna kulit.

Baca Juga: Manfaat minum jus tomat secara rutin untuk penderita diabetes

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat kunyit adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi kunyit secara rutin, risiko penyakit jantung dapat menurun. Manfaat kunyit itu berasal dari antioksidan serta kandungan yang lain. Kandungan-kandungan itu mampu mengurangi jumlah kolesterol sehingga risiko penyakit tersebut pun berkurang.

Mengobati Katarak

Jika Anda menderita katarak, tidak ada salahnya untuk mengobati masalah tersebut dengan kunyit. Seperti yang telah dikatakan, kunyit memiliki banyak antioksidan sehingga katarak pun bisa disembuhkan. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Selanjutnya: Inilah efek samping kunyit yang sebaiknya Anda hindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×