kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini tips melindungi Anda dan keluarga dari Zika


Jumat, 05 Februari 2016 / 13:20 WIB
Ini tips melindungi Anda dan keluarga dari Zika


Reporter: Amal Ihsan Hadian | Editor: Amal Ihsan

Dunia menghadapi ancaman wabah mengerikan virus Zika. Penyebar petaka ini adalah nyamuk Aedes. Jenisnya antara lain Aedes aegypti untuk daerah Asia tropis, Aedes africanus di wilayah ekuator Afrika, dan juga Aedes albopictus pada beberapa daerah lain. Nyamuk Aedes merupakan jenis nyamuk yang aktif di siang hari, dan dapat hidup di dalam maupun luar ruangan.

Di Indonesia, Aedes aegypti sebenarnya bukan makhluk asing. Saban tahun nyamuk yang terkenal dengan warna belang hitam putihnya ini meneror rakyat kita dengan ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD). Sekarang, selain DBD, kita juga harus khawatir, Aedes juga membawa penyakit lain yang tak kalah menakutkan.

Lantas, bagaimana cara melindungi kita dan keluarga anak dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang jarak terbangnya mampu mencapai jarak 400 meter tersebut? Berikut sebagian caranya.

1. Oleskan krim anti nyamuk setiap hari sebelum Anda ke kantor atau anak Anda berangkat ke sekolah. Aedes aegypti aktif di pagi hingga sore hari. Karena itu, Anda harus melindungi diri dan keluarga dari gigitannya pada saat sedang beraktivitas di siang hari dan di luar rumah.

2. Tak ada salahnya meminta pihak sekolah dan kantor melakukan pengasapan atau melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara menguras dan menutup tempat penampungan air serta mengubur barang bekas.

3. Kondisi rumah sendiri juga perlu dikhawatirkan. Pastikan ventilasi udara memiliki penyaring atau kawat anti nyamuk supaya nyamuk tidak mudah masuk. Semprotlah dengan obat nyamuk tempat-tempat yang dikhawatirkan menjadi sarang nyamuk.

4. Makanlah makanan bergizi. Tambahkan vitamin sebagai pelengkap makanan. Pastikan juga Anda mendapat istirahat yang cukup. Kondisi badan yang kuat bisa menangkal virus yang masuk dan Anda bisa dengan cepat sembuh seperti sediakala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×