kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini pencegahan Covid-19 yang perlu dilakukan orang tua


Sabtu, 20 Februari 2021 / 10:00 WIB
Ini pencegahan Covid-19 yang perlu dilakukan orang tua


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Orang tua yang berusia lebih dari 60 tahun, sangat berisiko jika terinfeksi Virus Corona. Apalagi bagi mereka yang memiliki berbagai macam penyakit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan.

Mengutip dari Eat This, Not That! (eatthis.com), ada beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua untuk menghindari Covid-19. Pertama, jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan. Virus Corona masuk melalui mata, hidung, dan mulut.

Memegang area wajah dengan tangan dapat meningkatkan risiko virus masuk ke tubuh Anda. Maka dari itu, usahakan untuk tidak menyentuh wajah, apalagi dengan tangan yang belum dicuci memakai sabun dan air mengalir.

Kedua, jauhi keramaian di tempat-tempat umum. Berada di satu tempat yang sama dengan banyak orang dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. Jika ada barang yang ingin dibeli, cobalah untuk memakai jasa antar.

Baca Juga: Ini aturan vaksin Covid-19 untuk lansia

Jika Anda terpaksa harus mengunjungi keramaian, misalnya pasar atau pusat perbelanjaan, usahakan datang lebih pagi untuk meminimalisasi bertemtu dengan banyak orang. Biasanya, tempat umum lebih bersih di pagi hari. Jadi, akan lebih aman ketika Anda berkunjung.

Karena belum semua orang mendapat vaksin, pencegahan Covid-19 bisa Anda lakukan dengan berkumpul bersama jumlah orang yang terbatas. Eat This, Not That! merekomendasikan agar hanya dua hingga tiga orang saja yang berkumpul selama pandemi Virus Corona.

Baca Juga: Mengenal 5M untuk pencegahan Covid-19 dan bedanya dengan 3M

Selanjutnya, infeksi Virus Corona bisa dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat. Alih-alih mengonsumsi junk food, alkohol, atau jenis makanan lain yang tidak sehat, cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah dan sayur.

Tetap terkoneksi dengan orang-orang terdekat juga dapat Anda jadikan pilihan. Manfaatkan perkembangan teknologi supaya bisa berkomunikasi dengan teman, anak, cucu, dan keluarga yang lain. Hal itu dapat membuat perasaan kesepian dan depresi hilang di tengah pandemi Virus Corona.

Selanjutnya: Jenis masker ini efektif jadi pencegahan virus corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×