kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,68   4,22   0.46%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini berbagai jenis asupan untuk menambah imunitas


Sabtu, 05 Desember 2020 / 09:05 WIB
Ini berbagai jenis asupan untuk menambah imunitas


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. Selain terus disiplin menerapkan protokol 3M, menjaga kesehatan dan imunitas tubuh juga harus diutamakan. 

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi berbagai tanaman herbal seperti jahe, kunyit, temulawak, sereh dan kencur. Tapi, Director and Chief Investment Officer Fixed Income Manulife Aset Manajemen Indonesia Ezra Nazula tidak mengonsumsi olahan tanaman herbal langsung untuk menambah imunitas tubuh.

Dia memiliki cara lain, dengan banyak makan buah-buahan dan vitamin. "Saya tidak konsumsi tanaman herbal karena agak susah diolahnya," kata Ezra, Jumat (4/12). 

Cara lebih praktis dalam menambah imunitas tubuh adalah dengan meminum vitamin. Ezra mengatakan selalu rutin minum vitamin yang mengandung tanaman herbal echinacea

Baca Juga: Kepatuhan Protokol Kesehatan Menurun, Penanganan Covid-19 Memburuk

Sekedar informasi, echinacea termasuk tanaman berbunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Seluruh bagian tanaman echinacea dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati flu, memelihara daya tahan tubuh, mengendalikan gula darah, obat antiradang, dan mencegah penyebaran kanker. 

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Puteri juga tidak rutin mengonsumsi tanaman herbal asal Indonesia. Dalam menjaga imunitas Reny lebih memilih untuk memakan buah-buahan dan vitamin C. 

Tidak kalah penting olahraga rutin setiap hari juga dapat menambah imunitas tubuh. "Olahraga disempat-sempatkan saja setiap hari meski hanya beberapa menit," kata Reny. 

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Jumat (4/12): Ada tambahan 5.803 kasus, jangan lupa 3M

Hingga Jumat (4/12) ada tambahan 5.803 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 563.680 kasus positif corona. Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 3.625 orang sehingga menjadi sebanyak 466.178 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 124 orang menjadi sebanyak 17.479 orang.

Lantaran masih tingginya tambahan kasus positif corona, pemerintah meminta masyarakat memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena untuk menekan wabah corona, dimulai dari menekan angka penularan.

Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Berdasarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus corona sebesar 35%.

Sementara memakai masker bisa mengurangi risiko penularan virus corona hingga 45% kalau memakai masker kain. Sementara kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75%.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Baca Juga: Hadang virus Covid-19 dengan rutin konsumsi vitamin, makan teratur, dan berolahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×