kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat


Kamis, 15 April 2021 / 12:35 WIB
Ini 4 cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat
ILUSTRASI. Bawang putih bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sakit gigi berlubang merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasi masalah ini, ada banyak cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat yang bisa Anda coba.

Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Meski demikian, bahan-bahan alami berikut hanya memberikan efek sementara, ya.

Jika Anda ingin menghilangkan sakit gigi secara keseluruhan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosa kondisi Anda.

Dengan begitu, langkah perawatan seperti apa yang tepat bisa dilakukan. Sementara waktu, Anda bisa meredakan sakit gigi dengan bahan-bahan ini.

Bawang putih

Laman Guardian Direct menyatakan, bawang putih mengandung antibakteri yang dapat melawan infeksi dan meredakan rasa sakit.

Untuk mendapat manfaat itu, Anda hanya perlu meletakkan bawang putih di atas gigi yang terasa sakit. Setelah beberapa menit, kumur dengan air.

Baca Juga: 4 Obat sariawan dari bahan alami, bisa Anda coba

Lidah buaya

Lidah buaya bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Sama seperti bawang putih, lidah buaya mengandung antibakteri. Artinya, rasa sakit akibat gigi berlubang bisa berkurang menggunakan lidah buaya.

Anda perlu menyimpan gel lidah buaya dalam kulkas terlebih dahulu. Setelah dingin, aplikasikan gel lidah buaya itu pada gigi berlubang atau gusi yang terasa sakit.

Jika Anda membeli gel lidah buaya, pastikan untuk memilih gel lidah buaya yang memiliki label food grade, ya.

Baking soda

Tahukah Anda, baking soda bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi? Baking soda memiliki kandungan antibakteri yang mampu melawan infeksi dan mengurangi rasa sakit.

Pertama-tama, campur baking soda dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Jika gigi yang terasa sakit mudah dijangkau, Anda bisa mencampur baking soda dengan sedikit air.

Aduk hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada gigi Anda yang terasa sakit.

Baca Juga: 8 Manfaat daun sukun untuk kesehatan: Mengobati sakit gigi sampai asam urat

Garam

Berkumur dengan larutan garam termasuk cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat.

Mengutip dari Guardian Direct, garam bisa Anda pakai sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat. Selain mengurangi rasa sakit, berkumur dengan larutan garam dapat membersihkan sisa makanan atau kotoran yang mengganggu kesehatan gigi dan mulut.

Selanjutnya: Terbuat dari bahan alami, berikut 4 obat gusi bengkak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×