kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin cepat sembuh? Yuk, hindari 4 pantangan amandel ini


Jumat, 29 Januari 2021 / 11:55 WIB
Ingin cepat sembuh? Yuk, hindari 4 pantangan amandel ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang amandel atau tonsilitis membuat penderitanya kesulitan untuk menelan makanan atau minuman. Selain minum obat tertentu dan mengubah pola hidup, menghindari pantangan amandel juga perlu Anda lakukan supaya kondisi kesehatan tak memburuk.

Jika tidak diatasi dengan cara yang benar, radang amandel bisa menimbulkan benjolan yang memperparah kondisi Anda. Bahkan, kondisi tersebut perlu dioperasi sehingga kesehatan Anda tetap terjaga.

Seperti yang telah dikatakan, Anda perlu menghindari beberapa makanan yang bisa memperaparah radang amandel. Jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah produk olahan susu, gula, kafein, alkohol, dan lain sebagainya.

Produk Olahan Susu

Salah satu penyebab radang amandel adalah penumpukan lendir yang terlalu banyak di tenggorokan. Kondisi tersebut bisa semakin parah karena kasein yang berasal dari produk olahan susu.

Selain memperbanyak lendir, kasein juga dapat meningkatkan sel kulit mati dan bakteri penyebab benjolan di tenggorokan Anda. Untuk mengetahui apakah produk olahan susu menyebabkan radang tenggorokan, cobalah untuk berhenti mengonsumsinya selama dua minggu.

Baca Juga: Efektif, yuk konsumsi 6 makanan untuk radang tenggorokan ini

Gula, Kafein, dan Alkohol

Mengutip dari Oladoc (oladoc.com), gula, kafein, dan alkohol termasuk dalam pantangan amandel yang perlu Anda hindari. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat mengurangi produksi air ludah sehingga mulut dan tenggorokan Anda menjadi lebih mudah kering.

Kondisi itulah yang mampu meningkatkan jumlah bakteri penyebab radang amandel. Hal yang sama juga bisa disebabkan oleh minuman berkarbonasi sehingga Anda perlu menghindarinya untuk mengurangi peradangan pada amandel Anda.

Makanan Pedas

Paprika dengan rasa yang pedas termasuk salah satu pantangan amandel.

Makanan pedas, seperti paprika, bubuk cabai, atau saus pedas, dapat meningkatkan produksi lendir yang menyebabkan peradangan pada amandel. Awalnya, jenis makanan itu akan menyebabkan batuk dan jika terus terjadi dapat memperburuk tonsilitis.

Baca Juga: 4 Cara mengobati amandel, efektif dan mudah dicoba

Kuning Telur

Pantangan amandel selanjutnya yang perlu Anda hindari adalah kuning telur. Oladoc mengatakan bahwa mengonsumsi kuning telur yang terlalu banyak dapat meningkatkan produksi lendir. Alih-alih makan kuning telur, Anda bisa mengonsumsi putih telur atau telur orak-arik.

Jika Anda memang ingin mengonsumsi kuning telur, pastikan untuk membatasi jumlahnya. Usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari dua hingga tiga kuning telur dalam seminggu. Jika radang amandel semakin parah, Anda benar-benar harus menghentikan konsumsi makanan itu.

Selanjutnya: Inilah gejala dan cara mengatasi radang tenggorokan pada anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×