kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Imbangi ngemil dengan nutrisi seimbang


Jumat, 06 November 2015 / 16:01 WIB
Imbangi ngemil dengan nutrisi seimbang


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Kacang-kacangan bisa dibilang sebagai camilan paling popular. Tapi tahukah Anda, selain menyenangkan, ternyata kudapan yang satu ini memiliki cukup banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan zat yang banyak terdapat dalam kacang-kacangan adalah vitamin E. Vitamin yang satu ini sangat bermanfaat, terutama dalam upaya menghindarkan diri dari serangan penyakit berbahaya.

Khasiat vitamin E diantaranya adalah bisa mengencerkan darah, menghindarkan penggumpalan darah. Jika aliran darah tersumbat akibat terjadi penggumpalan darah dalam tubuh, bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit berbahaya, seperti jantung koroner dan stroke.

Vitamin E juga dapat melindungi sel dan deoxyribonucleic acid (DNA). Sehingga manfaat lain yang bisa diperoleh tubuh dengan mengonsumsi kacang-kacangan diantaranya adalah mencegah kerusakan jaringan kulit hingga mengurangi risiko terkena kanker.

Vitamin E juga bisa membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Kacang-kacangan juga mengandung asam amino yang memiliki sejumlah khasiat bagi tubuh. Zat ini berfungsi mendukung pertumbuhan otot, ligamen, kulit, hingga rambut.

Selain itu, kudapan ini juga mengandung asam folat yang manfaatnya tidak sedikit bagi tubuh. Asam folat bisa bermanfaat bagi perkembangan janin, perkembangan otak dan berguna membantu produksi sel darah merah.

Sejumlah gangguan kesehatan juga bisa dihindari dengan asupan asam folat yang baik. Misalnya penyakit jantung dan mengurangi depresi.

Kacang-kacangan pun mengandung magnesium yang merupakan mineral terpenting nomor empat yang dibutuhkan tubuh.

Mineral ini bermanfaat untuk menjaga otot dan saraf bisa terus berfungsi dengan normal. Menjaga irama detak jantung, juga merupakan tugas dari zat magnesium.

Saat badan merasa lelah, konsumsi kacang tertentu, semisal kacang tanah, juga bisa membantu memberikan energi. Karena kacang tanah memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Tapi tidak usah khawatir potensi kenaikan gula darah akibat karbohidrat dari kacang tanah ini. Soalnya kacang tanah juga memiliki kandungan serat yang tidak sedikit. Alhasil kenaikan gula darah bisa lebih dikontrol.

Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga punya manfaat yang nyaris serupa. Kedua camilan ini mengandung omega 6 yang tergolong asam lemak tak jenuh rantai ganda.

Manfaatnya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Jangan berlebihan

Meski punya segudang manfaat, namun mengonsumsi camilan tersebut dalam jumlah berlebih juga tidak dianjurkan.

Ahli gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Titi Sekar Indah mengingatkan, variasi makanan tetap perlu diperhatikan. "Jadi harus seimbang juga dengan sayur, buah, dan protein hewani," terang Titi kepada KONTAN, Kamis (5/11).

Ia menyebut, keseimbangan asupan nutrisi memang merupakan hal penting untuk tubuh. Ada juga sejumlah zat berguna lain yang tak bisa didapat dari kacang dan biji.

Bagi sejumlah orang konsumsi kacang-kacangan berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping, seperti jerawat atau gatal-gatal.

Selain mengolah sendiri, menikmati camilan seperti kacang-kacangan bisa diperoleh dari produk olahan pabrik.

Namun, dokter spesialis endokrin dari Omni Hospitals, Aris Wibudi menyarankan, untuk disiplin memperhatikan label nutrisi yang tertera dalam camilan olahan pabrik sebelum Anda mengonsumsinya.

Misalnya jumlah karbohidrat, gula, atau garam dalam produk tersebut. "Jangan sampai terlalu berlebihan juga mengonsumsinya," imbuh Aris.                 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×