kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari bahan alami, ini 4 obat sariawan untuk Anda


Selasa, 13 April 2021 / 13:24 WIB
Dari bahan alami, ini 4 obat sariawan untuk Anda
ILUSTRASI. Ada banyak obat sariawan dari bahan alami yang bisa Anda coba.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sariawan adalah kondisi di mana gusi atau dinding dalam mulut Anda terluka. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa pilihan obat sariawan yang bisa Anda coba.

Sebab, sariawan bisa membuat Anda tidak nyaman, bahkan menyebabkan masalah yang lebih parah.

Mengutip dari Netmeds.com, ada beberapa faktor yang jadi penyebab munculnya seriawan. Mulai dari terlalu kuat menyikat gigi, lidah atau dinding mulut tak sengaja tergigit, penggunaan kawat gigi, tubuh kekurangan vitamin B12 atau nutrisi lain, hingga perubahan hormon.

Sebenarnya, masalah tersebut bisa diatasi dengan obat yang dijual di apotek. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Tidak hanya mampu mengatasi seriawan secara efektif, kandungan dalam bahan alami ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cuka apel

Jika Anda mencari obat sariawan, cuka apel bisa Anda jadikan pilihan. Pertama, campur 3 sdm cuka apel dalam setengah gelas.

Gunakan campuran itu untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi cara tersebut dua kali dalam satu hari sampai seriawan benar-benar hilang.

Baca Juga: Cara menyembuhkan sariawan secara alami dan dengan obat

Bawang putih

Nedmeds.com merekomendasikan bawang putih untuk mengobati seriawan dalam mulut Anda. Senyawa yang terkandung dalam bahan alami itu mampu mengurangi rasa nyeri akibat seriawan dan mengurangi ukuran seriawan.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Kupas satu siung bawang putih lalu potong menjadi beberapa bagian kecil.

Setelah itu, gosokkan bagian kecil itu pada seriawan secara langsung selama tiga hingga lima menit. Diamkan dulu selama sekitar 20 menit kemudian kumur dengan air.

Minyak kelapa

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan adalah minyak kelapa. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi dan antimikroba yang mampu mengurangi rasa sakit dan seriawan yang meradang.

Caranya, celupkan kapas pada minyak kelapa. Setelah itu, aplikasikan kapas tersebut pada area seriawan. Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukan cara tersebut sebelum tidur di malam hari.

Baca Juga: 4 Penyebab sariawan ini bisa terjadi, ada yang Anda alami?

Air garam

Air garam termasuk salah satu obat sariawan untuk Anda.

Berkumur dengan air garam termasuk salah satu cara mengatasi seriawan yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang.

Anda hanya perlu berkumur dengan segelas air hangat yang sudah dicampur dengan 1 sdt garam beberapa kali dalam sehari. Terus lakukan hal itu sampai seriawan hilang.

Selanjutnya: Catat, ini 4 obat sakit gigi alami yang bisa dipakai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×