kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, inilah 3 fungsi lemak yang perlu Anda ketahui


Rabu, 24 Februari 2021 / 10:34 WIB
Catat, inilah 3 fungsi lemak yang perlu Anda ketahui


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lemak adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari sumber energi, membantu tubuh untuk menyerap nutrisi yang lain, dan menjaga suhu tubuh. Supaya fungsi lemak itu tetap terjaga, Anda perlu mengonsumsi lemak secara teratur.

Namun, usahakan untuk mengonsumsi lemak sehat, ya. Lemak sehat dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Sedangkan lemak jahat dapat menyebabkan kesehatan jantung terganggu. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak lemak jahat, arteri dalam tubuh akan mengeras.

Hasilnya, tekanan darah akan meningkat dan sulit terkontrol. Seiring berjalannya waktu, kondisi itu dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau sakit jantung yang lain. Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi lemak jahat, seperti junk food, ada banyak pilihan makanan dengan lemak sehat tinggi.

Contohnya, alpukat, minyak sayur, tuna, atau salmon. Usahakan untuk mengolah sumber makanan itu dengan cara yang sehat agar manfaatnya tidak hilang. Dengan begitu, lemak dalam tubuh akan berfungsi secara optimal.

Baca Juga: 5 Faktor pemicu serangan jantung yang jarang disadari

Sumber Energi

Sumber energi tubuh yang utama memang karbohidrat, tapi keberadaan lemak bisa jadi sumber energi cadangan saat tubuh kekurangan karbohidrat. Mengutip dari SF Gate (healthyeating.sfgate.com), 1 g lemak mengandung 9 kalori.

Jumlah tersebut dua kali lebih besar dari kalori yang berasal dari karbohidrat dan protein. Maka dari itu, usahakan untuk membatasi konsumsi 20% hingga 35% kalori dari lemak. Tujuannya agar kalori tak menumpuk dalam tubuh Anda.

Penyerapan Vitamin

Fungsi lemak selanjutnya adalah membantu tubuh menyerap vitamin secara lebih optimal. Vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K tidak dapat berfungsi secara normal jika tubuh kekurangan lemak.

Artinya, Anda perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan lemak supaya vitamin itu bisa bekerja. Jika tidak, kesehatan mata dan tulang bisa terganggu. Serangan radikal bebas dan penggumpalan darah pun tak bisa bekerja secara normal.

Baca Juga: Cara membersihkan pembuluh darah bisa pakai 5 bahan ini

Mengontrol Suhu Tubuh

Lemak disimpan di suatu jaringan dalam tubuh yang bisa mengontrol suhu tubuh Anda. Sf Gate mengatakan bahwa jaringan itu tidak mudah terlihat, tapi bagi penderita obesitas, jaringan itu nampak di bawah kulit.

Beberapa jaringan juga terletak di sekitar organ vital dalam tubuh. Tujuannya sebagai proteksi organ dari gerakan atau guncangan yang Anda alami. Maka dari itu, usahakan untuk menjaga asupan lemak supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Selanjutnya: 4 Fungsi vitamin K ini tidak boleh Anda abaikan, catat ya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×