kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara mudah agar bayi bobok teratur di siang hari


Selasa, 13 Desember 2016 / 15:02 WIB
Cara mudah agar bayi bobok teratur di siang hari


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Semua orang tua, terutama Mama pasti ingin si kecil punya jadwal tidur yang teratur. Tidak hanya memudahkan bagi Mama, jadwal tidur yang teratur juga baik untuk kesehatan. Tidur yang cukup akan baik bagi tumbuh kembang anak balita.

Menurut What The Expert ada beberapa hal dan persiapan yang perlu dilakukan agar jadwal tidur bayi teratur. Persiapan bisa dilakukan dengan konsisten dan dengan kesabaran.

1. Jangan memulai rutinitas tidur dengan segera

Jangan memaksakan jadwal tidur si kecil sesaat setelah membawanya pulang dari rumah sakit. Bayi baru lahir tentu akan lebih banyak tidur di awal kehidupannya. Saat ia lahir, bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Jadi pola tidur bayi biasanya akan mulai terlihat setelah beberapa minggu.

2. Mengamati kecenderungan tidur si kecil

Sebelum membuat rutinitas dan jadwal tidur yang teratur, ada baiknya Anda memerhatikan bagaimana pola tidur bayi. Misalnya melihat berapa lama bayi bisa tidur sepanjang malam tanpa terbangun?

Biasanya bayi akan mulai tidur sepanjang malam selama lima hingga enam jam. Anda bisa melatihnya dengan mencoba jam tidur yang lebih awal. Misalnya bayi terbiasa tidur pukul 10 malam, cobalah untuk membawanya tidur pada pukul 8 malam.

3. Mulai secara perlahan

Setelah menentukan jam tidurnya, Mama perlu secara konsisten membawanya tidur di jam tersebut. Secara perlahan lakukan rutinitas sebelum tidur selama satu bulan. Gunakan ritual malam hari misalnya memijat bayi, membacakan buku setr amenyanykan lagu. Ritual yang konsisten akan membuat bayi belajar waktu tidur untuknya.

4. Cobalah untuk membantu bayi mengenali rasa kantuknya

Salah satu hal penting yang perlu diajarkan pada bayi adalah bagaimana caranya untuk mengatasi rasa mengantuk. Anda perlu membiarkan bayi mengenali rasa mengantuknya dan tertidur sendiri. Hal ini akan membantu bayi punya jadwal tidur yang rutin dan teratur. Sementara itu jika Mama terbiasa membuatnya mengantuk seperti menggendong, mengayunnya hingga menyusui akan membuat bayi tidak mengenali rasa kantuknya.

5. Mengatur pola tidur siang hari

Tidak hanya waktu tidur pada malam hari, cara agar jadwal tidur bayi teratur bisa dilakukan dengan membuat rutinitas yang baik pada siang hari. Jangan terbiasa membuat bayi terlalu banyak tidur pada siang hari sehingga ia jadi susah mengantuk pada malam hari. Berikan waktu atau jadwal yang teratur pula pada siang hari dengan membangun rutinitas tidur sama seperti saat malam hari.

(Niken Gisela / Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×