kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mencegah Gula Darah Tinggi, Hindari 6 Pantangan Makanan & Minuman Untuk Diabetes


Selasa, 07 Mei 2024 / 06:51 WIB
Cara Mencegah Gula Darah Tinggi, Hindari 6 Pantangan Makanan & Minuman Untuk Diabetes
ILUSTRASI. Cara Mencegah Gula Darah Tinggi


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak cara mencegah gula darah tinggi atau diabetes yang bisa Anda lakukan. Salah satunya, dengan menghindari konsumsi pantangan makanan dan minuman penyebab diabetes.

Pasalnya, asupan makanan menjadi faktor penting penyebab diabetes atau gula darah tinggi. Apalagi, di era sekarang banyak makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula yang relatif tinggi.

Diabetes atau penyakit gula darah tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena berisiko bisa menimbulkan berbagai penyakit membahayakan lainnya seperti penyakit jantung, ginjal, stroke, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi Untuk Mengatasi Asma, Catat 5 Khasiat Ini

Lantas, apa saja pantangan makanan dan minuman untuk diabetes yang perlu dihindari?

Melansir dari Medical News Today, berikut pantangan makanan dan minuman untuk diabetes di antaranya:

Makanan kaya karbohidrat

Karbohidrat (karbohidrat) adalah bagian penting dari semua makanan. Namun, penderita diabetes dapat mengambil manfaat dari membatasi asupan karbohidrat atau memadukan karbohidrat dengan sumber protein atau lemak yang sehat.

Lemak jenuh dan trans

Lemak tertentu, seperti lemak jenuh dan lemak trans, dapat meningkatkan resistensi insulin dan berkontribusi terhadap penurunan pengelolaan gula darah pada penderita diabetes. Banyak makanan yang digoreng dan diproses, termasuk kentang goreng, keripik, dan makanan yang dipanggang, mengandung jenis lemak ini.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Sirih Jika Rutin Diminum, Ada 5 Khasiat Penting

Gula halus

Penderita diabetes harus membatasi atau menghindari sumber gula rafinasi, seperti permen, kue, dan biskuit yang dibeli di toko atau buatan sendiri.

American Heart Association merekomendasikan konsumsi tidak lebih dari 25 g atau 6 sendok teh (sdt) gula tambahan per hari untuk wanita, dan 36 g atau 9 sdt untuk pria.

Minuman manis

Minuman yang banyak mengandung gula, seperti minuman energi, kopi, dan shake, dapat mengganggu kadar insulin seseorang sehingga menyebabkan ketidakseimbangan dan kadar gula darah semakin tinggi atau memburuk.

Makanan asin

Makanan yang tinggi garam dapat meningkatkan tekanan dan gula darah. Garam mungkin muncul sebagai “natrium” pada label makanan.

Sebaiknya kita membatasi asupan natrium di bawah 2.300 miligram (mg) per hari, terlepas dari status diabetes seseorang.

Baca Juga: Manfaat Kemiri Untuk Menurunkan Kolesterol, Ada 7 Khasiat Penting

Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah sedang seharusnya tidak membawa risiko serius bagi penderita diabetes dan tidak mempengaruhi pengelolaan glukosa jangka panjang.

Namun, penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman campuran atau koktail karena sering kali mengandung tambahan gula yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Orang yang diberi resep insulin atau terapi sekretagog insulin mungkin memiliki risiko hipoglikemia lebih tinggi terkait dengan konsumsi alkohol.

Oleh sebab itu, alkohol menjadi salah satu pantangan minuman untuk penderita diabetes yang sebaiknya dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×