kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,73   8,13   0.82%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan-bahan mudah ditemukan, ini 4 obat diare alami untuk Anda


Rabu, 05 Mei 2021 / 13:32 WIB
Bahan-bahan mudah ditemukan, ini 4 obat diare alami untuk Anda
ILUSTRASI. Salah satu manfaat cuka apel adalah sebagai obat diare alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak faktor yang jadi penyebab diare. Mulai dari infeksi, alergi makanan, mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi sesuatu. Jika mengalami hal itu, ada banyak obat diare alami yang bisa Anda coba.

Diare biasanya ditunjukkan dengan kondisi di mana feses yang keluar berisi banyak cairan. Frekuensi buang air besar Anda juga meningkat atau lebih dari biasanya.

Tentu, hal itu menyebabkan ketidaknyamanan, apalagi muncul gejala yang lain. Misalnya, perut kembung atau dehidrasi.

Cara mengatasi diare dalam artikel ini hanya sebagai obat sementara, ya. Jika diare terus berlanjut hingga lebih dari empat hari, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Cuka apel

Cara mengobati diare pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Beauty Zoom In merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi 1 sdt cuka apel yang dicampur dalam segelas air sebanyak satu hingga dua kali sehari.

Baca Juga: Lengkap, ini tata cara menyembuhkan diare dengan obat dan bahan alami

Jahe

Jahe adalah obat diare alami yang sudah digunakan oleh banyak orang. Apalagi, jika diare terjadi karena keracunan makanan. Kram dan rasa nyeri akibat masalah itu juga bisa berkurang dengan mengonsumsi jahe.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, parut jahe lalu campur dengan 1 sdt madu. Usahakan untuk tidak langsung minum air setelah mengonsumsi campuran itu, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Yogurt

Tahukah Anda bahwa yogurt bisa dipakai sebagai obat diare alami? Mengutip dari Beauty Zoom In, produk olahan susu itu baik untuk bakteri dalam sistem pencernaan.

Selain itu, kuman penyebab diare juga bisa dilawan dengan mengonsumsi yogurt. Cobalah untuk mengonsumsi dua mangkuk yogurt per hari supaya diare bisa sembuh dengan lebih cepat.

Anda juga bisa mencampur yogurt dengan pisang supaya efeknya lebih terasa. Dengan melakukannya secara rutin, diare yang Anda alami bisa sembuh.

Baca Juga: Cara menyembuhkan diare menggunakan obat dan bahan alami

Pisang

Pisang bisa Anda gunakan sebagai obat diare alami.

Cara mengatasi menceret selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan mengonsumsi pisang. Jenis buah itu mengandung banyak pektin, salah satu jenis serat yang larut dalam air dan bisa menyembuhkan diare.

Pisang juga memiliki banyak kalium yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: 4 Bahan alami ini cocok dijadikan obat diare, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×