kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan alami ini cocok jadi skincare untuk kulit berjerawat


Jumat, 15 Januari 2021 / 12:38 WIB
Bahan alami ini cocok jadi skincare untuk kulit berjerawat
ILUSTRASI. Madu dan kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai skincare untuk kulit berjerawat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang dari waktu ke waktu. Jika dibiarkan, tentu saja masalah tersebut bisa mengganggu penampilan. Ada banyak hal yang bisa Anda coba, salah satunya adalah memakai bahan alami sebagai skincare untuk kulit berjerawat.

Hal tersebut patut Anda coba untuk menghindari pemakaian produk perawatan wajah yang terbuat dari bahan kimia. Biasanya, bahan-bahan kimia justru dapat memperparah kondisi jerawat, membuat kulit kering, kemerahan, dan mudah iritasi.

Ada banyak bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Dengan memakainya secara rutin, kondisi kulit akan membaik sehingga wajah Anda terlihat lebih sehat. Beberapa bahan alami yang dimaksud adalah cuka apel, madu, kayu manis, dan lain sebagainya.

Cuka Apel

Mengutip dari Healthline (healthline.com), cuka apel mengandung zat asam yang mampu mengatasi infeksi bakteri penyebab jerawat. Asam laktat juga berguna untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Baca Juga: Skincare untuk kulit berminyak, bisa pakai bahan alami

Caranya, campur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Anda bisa menambahkan lebih banyak air jika memiliki tipe kulit sensitif. Gunakan campuran itu pada kulit menggunakan kapas lalu diamkan selama lima hingga 20 detik kemudian bilas dengan air.

Madu dan Kayu Manis

Skincare untuk kulit berjerawat juga bisa Anda dapat dari memanfaatkan madu dan kayu manis. Kedua bahan itu mampu mengurangi peradangan dan infeksi bakteri. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama, campurkan 2 sdm madu dengan 1 sdt bubuk kayu manis. Setelah teraduk rata, gunakan campuran tersebut pada wajah lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dan keringkan wajah menggunakan handuk.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai skincare untuk kulit berjerawat.

Lidah buaya tidak boleh ketinggalan sebagai skincare untuk kulit berjerawat. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya sebagai pelembab sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari. Kandungan asam salisilatnya efektif mengurangi kemunculan jerawat di kulit Anda.

Baca Juga: ​8 Cara mudah dalam mengatasi kulit kusam

Teh Hijau

Healthline merekomendasikan teh hijau untuk mengatasi jerawat yang Anda miliki. Bahan alami tersebut mengandung banyak antioksidan dan polifenol yang berguna untuk melawan infeksi bakteri dan meredakan peradangan.

Anda perlu merebus teh hijau selama tiga hingga empat menit terlebih dahulu. Setelah dingin, gunakan teh hijau tersebut pada kulit. Tunggu beberapa saat hingga teh hijau mengering di kulit Anda kemudian bilas dengan air.

Selanjutnya: Simak tren kecantikan 2021 ala Tokopedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×