kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara mengatasi migrain, bisa pakai bahan alami, lo


Kamis, 06 Mei 2021 / 10:10 WIB
5 Cara mengatasi migrain, bisa pakai bahan alami, lo
ILUSTRASI. Mengonsumsi jahe termasuk salah satu cara mengatasi migrain yang patut Anda coba.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang terjadi salah satu sisi. Sama seperti sakit kepala yang lain, sakit kepala sebelah juga bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cara mengatasi migrain perlu Anda lakukan.

Selain memunculkan rasa sakit, masih banyak gejala migrain lainnya yang bisa Anda rasakan. Mulai dari mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, sensitif terhadap suara, dan lain sebagainya. Mengutip dari Greatist (greatist.com), migrain bisa berlangsung hingga tiga hari.

Anda tidak boleh mengabaikan migrain karena kondisi itu bisa berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami masalah tersebut. Selain itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami.

Jahe

Cara mengatasi migrain pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi jahe. Umumnya, jahe digunakan untuk mengatasi sakit perut. Namun, jenis rempah itu juga mampu mengurangi tingkat keparahan migrain. Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk segera mengonsumsi jahe saat migrain datang.

Baca Juga: Tips mencegah dan menyembuhkan sakit kepala saat puasa secara alami dan obat

Lavender

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai obat migrain adalah lavender. Usahakan untuk menghirup aroma lavender selama minimal 15 menit. Dengan begitu migrain bisa hilang dengan lebih cepat. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan dengan minyak lavender.

Pertama, hirup aroma lavender secara langsung. Kedua, Anda perlu mencampur tiga tetes minyak lavender dengan satu ons carrir oil, misalnya minyak kelapa. Selanjutnya, gosokkan campuran minyak itu di kedua pelipis sehingga migrain bisa sembuh.

Magnesium

Tubuh yang kekurangan magnesium jadi salah satu penyebab migrain yang bisa Anda alami. Hal itu terjadi karena magnesium memegang peranan penting dalam fungsi otot dan saraf. Untuk menambah jumlah magnesium dalam tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung mineral tersebut.

Mulai dari sayuran hijau, sereal, atau produk olahan susu. Selain mengonsumsi makanan, Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Peppermint

Selain lavender, minyak peppermint juga bisa dijadikan cara mengatasi migrain. Melansir Greatist, kemampuan itu berasal dari mentol yang terkandung dalam minyak peppermint. Selain menyembuhkan migrain, gejala lain yang muncul juga bisa ikut berkurang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat sakit kepala dari bahan-bahan alami

Kafein

Mengonsumsi kafein termasuk salah satu cara mengetasi migrain.

Obat sakit kepala berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kafein. Ada banyak sumber kafein yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari kopi, cokelat, hingga teh. Cobalah untuk mengonsumsi 100 g kafein untuk meredakan migrain.

Meski demikian, jangan terlalu sering mengonsumsi kafein, ya. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein. Apalagi mendekati malam hari atau waktu istirahat Anda. Hal itu justru bisa memperparah migrain sehingga kondisi kesehatan terganggu.

Selanjutnya: 4 Obat sakit kepala untuk ibu menyusui ini bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×