kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara mengatasi anak susah makan yang perlu Anda coba


Selasa, 16 Maret 2021 / 10:35 WIB
5 Cara mengatasi anak susah makan yang perlu Anda coba
ILUSTRASI. Cara mengatasi anak susah makan perlu Anda coba supaya kesehatan tubuh anak tetap terjaga. TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak susah makan merupakan hal yang umum terjadi. Namun, jika hal itu terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, tentu saja kondisi kesehatan anak menjadi terganggu. Maka dari itu, cobalah berbagai macam cara mengatasi anak susah makan.

Anda perlu mengenalkan berbagai macam makanan baru. Seiring berjalannya waktu, anak mulai terbiasa dan berani mencoba jenis makanan baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Dengan terus mengeksplorasi jenis makanan, masalah sulit makan akan hilang.

Tidak hanya mengenalkan pada berbagai jenis makanan, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan supaya anak mengonsumsi banyak makanan. Namun, pastikan untuk memberikan makanan bergizi supaya memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Porsi Kecil

Jika anak sulit makan, cobalah untuk memberikan makanan dalam porsi kecil. Tidak hanya mencegah anak merasa berlebihan terhadap porsi makan yang Anda beri, tapip porsi yang lebih kecil mencegah makanan terbuang sia-sia.

Baca Juga: Jangan asal diet, ini 5 tanda tubuh kekurangan gizi penting

Libatkan Anak

Mengutip dari Vey Well Family (verywellfamily.com), cobalah untuk melibatkan anak dalam proses persiapan makanan yang akan dikonsumsi. Misalnya, ajak anak memilih bahan makanan yang Anda beli atau mengajaknya untuk mengolah bahan-bahan tersebut menjadi hidangan.

Namun, pastikan anak untuk melakukan hal-hal yang aman, ya. Anda bisa meminta anak untuk mengocok telur, menuangkan kecap, atau kegiatan lain yang masih aman dilakukan sesuai dengan usia anak.

Beri Makanan yang Sama Beberapa Kali

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan memberikan makanan yang sama beberapa kali. Anak mungkin tidak suka jenis makanan tertentu saat pertama kali. Namun, bisa saja anak menyukainya di kesempatan kedua atau kesempatan yang lain.

Sediakan Ragam Makanan Baru

Mengenalkan ragam makanan baru bisa jadi salah satu cara mengatasi anak susah makan.

Very Well Family merekomendasikan Anda untuk menyediakan beberapa menu baru tiap minggu yang perlu dicoba anak. Cobalah untuk mengkombinasikan menu yang disukai anak dengan menu baru. Hal itu bisa jadi salah satu cara mengatasi anak susah makan yang cukup efektif.

Baca Juga: Pola makan di usia muda memengaruhi kesehatan di hari tua

Hubungi Dokter

Jika berbagai macam cara sudah Anda coba, tapi anak tetap tidak mau makan dengan lahap, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan beberapa saran yang bisa Anda coba sesuai dengan kondisi anak.

Bisa jadi, anak susah makan dikarenakan faktor lain, seperti sakit. Jadi, membawa anak untuk berkonsultasi dengan dokter bukanlah pilihan yang buruk. Dengan berkonsultasi, masalah susah makan menjadi terselesaikan dengan baik.

Selanjutnya: Bayi susah buang air besar? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×