kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rekomendasi obat mata merah, efektif dan mudah didapat


Jumat, 19 Februari 2021 / 11:55 WIB
4 Rekomendasi obat mata merah, efektif dan mudah didapat
ILUSTRASI. Lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai obat mata merah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata merah terjadi saat pembuluh darah di mata Anda melebar. Meski tak berbahaya, Anda tetap memerlukan obat mata merah supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Ada banyak jenis obat yang bisa Anda temukan, baik di apotek atau di rumah.

Sebelum mengetahui obat apa saja yang bisa Anda gunakan, ada baiknya untuk mengetahui dulu faktor apa saja yang membuat mata merah. Mengutip dari Firstcry.com (parenting.firstcry.com), mata merah bisa disebabkan oleh polusi, alergi, debu, asap rokok, dan paparan sinar matahari berlebih.

Terlalu banyak menggunakan gawai dan kurang tidur juga ditandai dengan mata merah. Hindari faktor-faktor tersebut supaya mata merah tidak kembali Anda alami. Namun, jika kondisi itu terlanjur Anda alami saat ini, cobalah untuk mengobatinya dengan beberapa cara.

Cuci Mata

Alih-alih menggosok mata yang merah dan terasa gatal, cobalah untuk mencuci mata dengan air. Membilas mata tiga hingga empat kali sehari dapat meredakan peradangan dan membersihkan benda asing yang membuat mata iritasi.

Baca Juga: Radang kelopak mata bisa Anda atasi dengan cara ini

Kompres Hangat

Obat mata merah selanjutnya yang mudah untuk Anda coba adalah kompres hangat. Kompres hangat akan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan produksi air mata sehingga mata Anda menjadi tidak kering.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, basahi handuk atau kain dengan air hangat. Setelah kain diperas, letakkan di atas mata yang tertutup selama beberapa menit. Ulangi cara tersebut tiga hingga empat kali dalam sehari sampai kondisi mata kembali normal.

Air Mawar

Firstcry.com merekomendasikan air mawar untuk mengatasi mata Anda yang merah dan terasa gatal. Antiinflamasi dan kandungan lain dalam air mawar efektif mengatasi iritasi mata. Caranya, celupkan kapas pada air mawar lalu letakkan kapas itu di atas mata Anda yang tertutup selama 15 menit.

Baca Juga: Obat sakit jantung bisa berasal dari 5 bahan alami ini

Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang cocok jadi obat mata merah adalah lidah buaya. Lidah buaya mengandung antioksidan serta antiinflamasi yang efektif mengatasi dan mencegah peradangan. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama, campur gel lidah buaya dan air sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, Anda perlu memasukkan campuran itu pada kulkas terlebih dahulu selama satu jam. Setelah itu, celupkan dua kapas pada campuran itu lalu gunakan di atas mata yang tertutup.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi obat sakit mata gatal dan iritasi ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×