kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 obat sakit gigi dari bahan alami ini cocok digunakan anak-anak


Jumat, 19 Maret 2021 / 10:01 WIB
4 obat sakit gigi dari bahan alami ini cocok digunakan anak-anak


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika belum bisa ke dokter, ada beberapa jenis obat sakit gigi yang bisa Anda gunakan. Beberapa bahan juga bisa digunakan oleh anak-anak sehingga kondisi kesehatan tetap terjaga.

Ada banyak obat yang bisa Anda dapat di apotek. Namun, ada pula bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Salah satu bahan alami yang bisa Anda coba pakai adalah lidah buaya.

Mengutip dari Dentistry On Dusk (dentistryondusk.com), antibakteri dalam lidah buaya efektif melawan bakteri penyebab sakit gigi. Selain lidah buaya, tentu saja masih banyak bahan alami lain yang bisa Anda coba.

Kompres Dingin

Supaya sakit gigi yang dialami anak-anak berkurang, cobalah untuk memakai kompres dingin. Kompres dingin akan mengerutkan pembuluh darah sehingga pembengkakan dan rasa sakit bisa hilang. Cara yang perlu dilakukan pun cukup mudah.

Pertama, masukkan es batu dalam kantung plastik lalu balut dengan handuk. Anda juga bisa memakai kompres dingin yang dijual di apotek. Tempatkan kompres itu di pipi yang berdekatan dengan area gigi yang sakit selama 20 menit. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai rasa sakit berkurang.

Baca Juga: Sederet manfaat daun suji sebagai obat herbal untuk sakit gigi sampai kencing nanah

Air Garam

Berkumur dengan air garam jadi obat sakit gigi anak selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Campurkan sedikit garam ke dalam segelas air hangat lalu minta anak untuk berkumur dengan campuran itu. Kandungan dalam garam mampu membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan.

Hidrogen Peroksida

Selain air garam, hidrigen peroksida juga bisa dijadikan obat kumur untuk mengobati sakit gigi. Dentistry On Dusk merekomendasikan untuk mencampur 3% hidrogen peroksida dan air lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Namun, jangan sampai campuran itu tertelan karena bisa menyebabkan efek samping.

Baca Juga: Nyeri gigi datang? Campuran sereh dan daun sirih efektif mengobati sakit gigi

Bawang Putih

Obat sakit gigi anak bisa terbuat dari bawang putih.

Bahan alami lainnya yang cocok dijadikan obat sakit gigi anak adalah bawang putih. Antibakteri dalam bawang putih berguna untuk mengurangi plak dan rasa sakit. Caranya, hancurkan sebutir bawang putih hingga halus lalu aplikasikan pada area gigi yang sakit.

Selanjutnya: 4 bahan alami ini cocok dijadikan obat gusi bengkak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×