kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Hal penting yang bisa menghindarkan Anda dari Virus Corona


Selasa, 22 Desember 2020 / 14:07 WIB
4 Hal penting yang bisa menghindarkan Anda dari Virus Corona
ILUSTRASI. Memakai masker jadi salah satu cara menghindari penularan Virus Corona. REUTERS/Lisa Marie David


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan infeksi Virus Corona terus berlanjut. Kabar terbaru menunjukkan bahwa di Inggris, ada mutasi virus baru yang lebih mudah menular. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Gunakan Masker dengan Cara yang Benar

Mengutip dari Eat This, Not That! (eatthis.com), menggunakan masker di tengah pandemi Virus Corona adalah hal yang wajib dilakukan. Tujuannya agar Anda tak tertular dan menulari orang lain sehingga transmisi Virus Corona bisa dihentikan.

Ahli penyakit menular sekaligus Director of The National Institute of Alergy and Infectious Disease, Dr. Anthony Fauci, mengatakan bahwa masker tetap harus dipakai saat Anda melakukan kegiatan di dalam ruangan dengan banyak orang. Apalagi jika ventilasi udara tak terlalu baik.

Jaga Jarak

Selain menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain jadi langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk mencegah Covid-19. Usahakan untuk menjaga jarak dengan orang lain sejauh 6 kaki atau sekitar 1.8 m.

Baca Juga: Benarkah virus corona baru hasil mutasi lebih berbahaya? Ini kata WHO

Selain menjaga jarak dengan orang lain, cobalah untuk tidak melakukan kegiatan dengan banyak orang dalam jangka waktu lama. Semakin lama Anda berkumpul dengan orang lain, semakin besar pula risiko terinfeksi Virus Corona.

Cari Cara Berkomunikasi Alterntif

Berkumpul dengan anggota keluarga dan teman dekat memang menyenangkan untuk dilakukan. Namun, risiko penularan Virus Corona cukup tinggi dari kegiatan itu. Bayangkan bila ada salah satu anggota keluarga atau teman dekat yang mengalami Covid-19 tanpa gejala.

Anda dan termasuk orang lain yang baru saja berkumpul dengan pasien Covid-19 tanpa gejala itu berisiko terinfeksi virus yang sama. Maka dari itu, cobalah untuk mencari cara berkomunikasi alternatif. Dengan begitu, hubungan Anda dengan orang lain tetap terjaga tanpa khawatir tertular Virus Corona.

Baca Juga: Perlukah menggunakan sarung tangan di masa wabah corona? Begini pendapat epidemolog

Cuci Tangan

Selain melakukan beberapa hal penting di atas, Eat This, Not That! Mengatakan bahwa pencegahan Covid-19 juga bisa Anda lakukan dengan rajin cuci tangan. Meski terlihat sepele, tapi cara tersebut cukup efektif untuk mencegah infeksi Virus Corona, lo.

Usahakan untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Dalam keadaan darurat, Anda bisa menggantinya dengan memakai hand sanitizer. Dengan membiasakan hal itu, diharap Covid-19 bisa Anda hindari.

Selanjutnya: Pahami 4 cara mencegah penularan virus corona saat liburan akhir tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×