kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengobati amandel, efektif dan mudah dicoba


Jumat, 08 Januari 2021 / 11:28 WIB
4 Cara mengobati amandel, efektif dan mudah dicoba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tonsilitis atau radang amandel adalah inflamasi yang terjadi pada amandel Anda. Amandel adalah salah satu bagian tubuh yang bertugas untuk melawan infeksi virus dan bakteri sehingga rentan mengalami peradangan. Cara mengobati amandel pun perlu segera Anda lakukan.

Jika tidak, kesehatan tubuh akan terganggu. Anda mungkin akan merasa tak nyaman jika hal itu terjadi. Bahkan, kegiatan Anda pun bisa ikut terganggu. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan supaya masalah kesehatan itu cepat sembuh.

Salah satunya adalah dengan minum banyak air hangat, seperti kuah sup atau teh hangat. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa air hangat dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi pada daerah tenggorokan Anda.

Kandungan madu dan gliserin yang biasa ditemukan dalam teh herbal juga memberikan efek yang sama. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa membaik. Selain banyak minum air hangat, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Gejala, penyebab, dan faktor risiko radang paru-paru

Konsumsi Makanan Dingin

Cara mengobati amandel selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi makanan dingin. Jenis makanan tersebut dapat jadi solusi sementara untuk mengatasi rasa panas akibat radang. Cobalah untuk mengonsumsi es krim atau minum smothie.

Hindari Makanan Bertekstur Keras

Medical News Today juga merekomendasikan Anda untuk tidak mengonsumsi makanan bertekstur keras supaya radang amandel bisa cepat sembuh. Jika Anda terus memaksakan diri untuk mengonsumsi jenis makanan itu, amandel bisa menjadi lebih iritasi dan terasa sakit.

Minum Obat

Jika radang amandel belum sembuh meski Anda sudah beristirahat dan melakukan cara-cara di atas, cobalah untuk minum obat yang dijual di apotek. Beberapa pilihan obat yang bisa Anda minum adalah aspirin, acetaminophen, dan ibuprofen.

Baca Juga: Inilah 4 penyebab radang gusi yang perlu Anda waspadai

Air Garam

Berkumur dengan larutan garam bisa jadi salah satu cara mengobati amandel.

Berkumur dengan air garam juga dapat jadi cara mengobati amandel yang cukup efektif. Larutan tersebut mampu mengurangi rasa sakit dan gatal akibat radang amandel. Caranya, campurkan ¼ sdt garam dengan 8 ons air.

Setelah teraduk rata, gunakan larutan itu untuk berkumur selama beberapa detik. Ulangi cara tersebut sebanyak beberapa kali dalam sehari sampai kondisi radang membaik. Namun, jangan gunakan cara tersebut pada anak-anak untuk menghindari insiden tertelan.

Selanjutnya: Tenggorokan sakit untuk menelan? Inilah 4 penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×