kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengeluarkan dahak pada bayi ini bisa dijadikan pilihan


Senin, 28 Desember 2020 / 10:19 WIB
4 Cara mengeluarkan dahak pada bayi ini bisa dijadikan pilihan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bayi rentan mengalami berbagai jenis penyakit karena sistem imunnya yang belum terbentuk secara sempurna. Beberapa jenis penyakit yang biasanya dialami bayi adalah demam, pilek, dan batuk. Jenis penyakit tersebut dapat memunculkan dahak yang mengganggu sistem pernapasan.

Maka dari itu, cara mengeluarkan dahak pada bayi perlu Anda lakukan supaya bayi bisa merasa nyaman. Semakin cepat dahak keluar dari tubuh bayi, semakin berkurang pula gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit yang sedang dialami.

Beberapa tanda bayi sedang sakit adalah susah tidur di malam hari, rewel, lebih sering menangis, dan lain sebagainya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan dahak pada bayi. Namun, Web MD (webmd.com) tidak merekomendasikan obat pilek dan sejenisnya untuk bayi di bawah usia dua tahun.

Alih-alih memberikan obat yang dijual di apotek kepada bayi, ada cara lain yang lebih aman untuk membersihkan dahak. Mulai dari mencegah bayi dehidrasi, memakai saline drop, memberikan asupan sup ayam, dan humidifier.

Baca Juga: Cara atasi batuk pada anak tanpa obat

Cegah Dehidrasi

Jumlah lendir yang ada pada tubuh bayi sering kali membuat dehidrasi. Sama seperti orang dewasa, dehidrasi pada bayi tentu saja dapat mengganggu kesehatan tubuh yang lain. Karena hal itu, Anda bisa mencegah dehidrasi pada bayi dengan memperbanyak asupan cairan.

Berikan ASI atau susu formula lebih sering supaya dehidrasi pada bayi tak terjadi. Bayi yang memiliki cairan yang cukup di tubuhnya akan mengeluarkan urin berwarna terang. Namun, pastikan untuk tidak memberi soda atau jus dengan pemanis tambahan, ya.

Saline Drop

Cara mengeluarkan dahak pada bayi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai saline drop. Obat tersebut mampu mengencerkan lendir yang menyumbat hidung. Jadi, pernapasan bayi menjadi lebih lancar setelah menggunakan obat itu.

Baca Juga: Cara mudah keluarkan lendir pada balita

Sup Ayam

Selain beberapa cara di atas, memberikan asupan sup ayam pada bayi juga bisa menghilangkan lendir, lo. Mengutip dari Web MD, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat sup ayam mengatasi peradangan dan lendir yang menumpuk saat bayi sakit.

Pasang Humidifier

Cara mengeluarkan dahak pada bayi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memasang humidifier. Kelembaban yang diberikan humidifer akan meredakan batuk dan hidung tersumbat bayi. Namun, pastikan untuk membersihkannya secara rutin untuk menghindari munculnya bakteri.

Selanjutnya: Tips menangani diare pada anak, pastikan punya Oralit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×