kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,56   2,96   0.33%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Arti kedutan mata kanan bawah, bisa jadi ini yang Anda alami


Kamis, 25 Februari 2021 / 10:12 WIB
4 Arti kedutan mata kanan bawah, bisa jadi ini yang Anda alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian orang pasti pernah mengalami kedutan mata kanan bawah. Apalagi jika Anda sedang menggunakan mata untuk fokus pada satu hal, seperti mengendarai mobil, menonton film di bioskop, dan lain sebagainya.

Mata kedutan atau dalam istilah medis disebut dengan myokymia adalah kontraksi otot di sekitar mata yang terjadi secara tidak sengaja. Kondisi itu sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan bisa hilang dalam waktu singkat.

Mengutip dari Lasik Plus (lasikplus.com), penyebab mata kedutan tidak bisa ditentukan secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan frekuensi mata kedutan. Mulai dari kelelahan, alergi, terlalu banyak minum kafein, dan lain-lain.

Kelelahan

Salah satu faktor yang menyebabkan kedutan mata kanan bawah adalah kelelahan. Hal itu sering terjadi ketika Anda tak mendapat waktu tidur berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat lelah, otot kekurangan vitamin D dan magnesium sehingga membuatnya sulit untuk mengendur.

Maka dari itu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tiap hari. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat yang lain. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat saran nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Yuk, perhatikan 4 penyebab kedutan mata kanan atas ini

Alergi

Lasik Plus menyebutkan bahwa penderita alergi debu atau serbuk bunga rentan mengalami mata kedutan. Meski demikian, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kondisi itu bisa mereda saat gejala-gejala alergi yang lain mulai hilang.

Kafein

Salah satu faktor penyebab kedutan mata kanan bawah adalah konsumsi kafein berlebih.

Seperti yang sudah disebutkan, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa jadi faktor penyebab kedutan mata kanan bawah. Hal itu disebabkan karena konsumsi kafein berpengaruh pada sistem saraf dalam tubuh Anda. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk membatasi konsumsi kafein per hari.

Baca Juga: 4 Cara menjaga kesehatan mata agar penglihatan terjaga

Alkohol

Tak hanya kafein, terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga dapat mengakibatkan mata kedutan dan penglihatan menjadi kabur. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk minum air putih di sela mengonsumsi minuman beralkohol. Ketahui pula batas minuman alkohol yang bisa ditoleransi tubuh Anda.

Segera periksakan diri ke dokter jika mata kedutan semakin parah dan dibarengi gejala yang lain. Misalnya, gerakan otot wajah yang lain secara tidak sadar, sensitif terhadap cahaya, dan lain sebagainya. Bisa jadi mata kedutan disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih parah, seperti mata kering atau gangguan saraf.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi obat sakit mata gatal dan iritasi ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×