kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 bahan alami ini bisa jadi cara mengatasi keputihan, ingin coba?


Kamis, 25 Maret 2021 / 10:43 WIB
3 bahan alami ini bisa jadi cara mengatasi keputihan, ingin coba?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keputihan merupakan hal umum yang dialami oleh wanita. Namun, hal tersebut bisa jadi masalah jika terjadi secara berlebihan dan dibarengi dengan gejala yang lain. Cara mengatasi keputihan perlu segera Anda lakukan supaya kondisi kesehatan tak semakin parah.

Keputihan yang dibarengi dengan rasa gatal, muncul sensasi terbakar, dan bau vagina yang tidak sedap jadi tanda bahwa bahwa Anda mengalami infeksi. Infeksi bakteri atau jamur di daerah vagina yang dibiarkan juga bisa ditularkan ke orang lain atau disebut dengan istilah infeksi menular seksual.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi keputihan yang bisa Anda lakukan. Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), Anda perlu menjaga kebersihan area vagina dengan benar.

Pertama, gunakan celana dalam berbahan katun supaya area vagina tetap kering dan tidak lembab. Kedua, hindari pemakaian produk-produk yang dapat menyebabkan iritasi. Ketiga, usahakan untuk tidak memakai celana yang terlalu ketat.

Baca Juga: Kanker serviks, banyak membunuh wanita Indonesia, ini gejala dan cara deteksi dini

Keempat, periksakan diri ke dokter dan ikuti saran dan resep obat yang diberikan. Dengan begitu, Anda bisa menghindari keputihan yang semakin parah. Selain melakukan cara-cara tersebut, ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi produksi keputihan.

Ketumbar

Melansir E Times (timesofindia.indiatimes.com), keputihan bisa berkurang jika Anda mengonsumsi biji ketumbar. Caranya, Anda perlu merendam biji ketumbar selama semalaman terlebih dahulu. Di pagi hari, minum air rendaman biji ketumbar yang sudah disaring saat perut Anda masih kosong.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi keputihan.

Cara mengatasi keputihan juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan daun jambu biji, lo. Selain itu, rasa gatal akibat keputihan pun dapat berkurang. Anda hanya perlu merebus daun jambu biji. Setelah itu, minum air rebusan yang sudah didinginkan sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 5 Manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal untuk sariawan sampai kanker

Indian Gooseberry

E Times menyebutkan bahwa indian gooseberry atau malaka bisa mengatasi keputihan. Jenis buah ini mengandung banyak vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk sistem imun tubuh. Artinya, mengonsumsi indian gooseberry bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Supaya keputihan bisa teratasi secara optimal, cobalah untuk mengonsumsi indian gooseberry secara rutin. Ada banyak bentuk indian gooseberry yang bisa Anda konsumsi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsinya secara langsung.

Selanjutnya: Waspada, ini 10 Efek samping pil KB yang perlu diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×