kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Yey! Ilmuwan sudah menemukan antibodi berbagai virus influenza


Minggu, 08 Desember 2019 / 13:36 WIB
Yey! Ilmuwan sudah menemukan antibodi berbagai virus influenza
ILUSTRASI. Ilustrasi. Orang sedang terkena influenza.

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - Kabar baik untuk dunia kesehatan! Ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi antibodi yang bisa mengalahkan dan menyembuhkan berbagai virus influenza.

Para ilmuwan memberikan nama antibodi ini 10G1. Florian Kramer, Ahli Mikrobiologi menjelaskan antibodi tersebut bisa mengikat bagian virus yang tidak pernah berubah. Antibodi ini berpotensi mengalahkan virus influenza subtipe A dan B.

Baca Juga: Penelitian WHO, remaja di seluruh dunia malas olahraga

Sekedar info, virus influenza subtipe A dan B merupakan virus yang banyak menyerang manusia dan hewan. Virus influenza tipe A menyebabkan epidemi flu musiman, contohnya flu babi, flu burung, dan flu manusia H3N2.

Sedangkan, virus influenza tipe B hanya menginfeksi manusia. Virus ini menyebabkan penderitanya mengalami infeksi flu ringan tanpa gelaja.

Hasil penelitian menunjukkan, selain bisa mencegah 10G1 juga bisa menjadi obat bagi penderita influenza. Para ilmuwan menjelaskan antibodi tersebut dapat mengikat virus influenza dan menetralkannya.  

Para ilmuwan melakukan uji coba di dalam laboratoriumnya untuk membuktikan keampuhan antibodi tersebut.

Mereka membuat virus yang resisten terhadap Tamiflu dan disuntikkan 10G1. Hasilnya, antibodi tersebut berhasil mengikat virus resisten tersebut.

Sekedar info, Tamiflu merupakan obat untuk penyakit influenza babi dan burung.

Asal tahu saja, antibodi ini ditemukan ketika Ali Ellebedy, Ahli Imunologi mengerjakan penelitian tentang kekebalan terhadap infeksi flu pada manusia.




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×