kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, inilah gejala leukemia berdasarkan tipenya


Jumat, 23 April 2021 / 10:50 WIB
Waspada, inilah gejala leukemia berdasarkan tipenya
ILUSTRASI. Kelelahan jadi salah satu gejala leukemia umum yang bisa terjadi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang mengalami gejala leukemia yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mewaspadai kondisi yang Anda alami. Dengan memerhatikan ciri-ciri leukemia, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat.

Leukemia atau kanker darah adalah kondisi di mana produksi sel darah putih abnormal dalam tubuh terlalu banyak. Jika terus dibiarkan, sel darah putih abnormal itu akan menyebar ke bagian tubuh lain sehingga mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Padahal, sel darah tubuh dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi penyakit. Saat kondisinya tak sempurna, sel darah putih tidak dapat melakukan fungsi tersebut. Biasanya, gejala-gejala ini akan terasa saat leukemia yang Anda alami semakin parah.

Gejala Leukemia Umum

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), ada beberapa kondisi yang menunjukkan penyakit leukemia secara umum. Mulai dari kelelahan, demam, nafsu makan turun, berat badan turun tanpa alasan yang jelas, dan lain sebagainya.

Jika Anda mengalami beberapa kondisi itu dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Meski bukan leukemia, bisa jadi kondisi itu jadi tanda penyakit lain yang mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Ini penyebab kelenjar getah bening bengkak

Gejala Leukemia Limfositik Akut

Leukemia limfositik akut ditandai dengan beberapa kondisi. Misalnya, pusing, sesak napas, muncul memar, demam, dan lain-lain. Saat leukemia limfositik akut semakin parah, kondisi kesehatan pun dapat memburuk. Contohnya, penumpukan cairan dalam paru-paru atau keseimbangan tubuh terganggu.

Gejala Leukemia Myeloid Akut

Leukemia myeloid akut terjadi saat jumlah sel darah putih tertentu terlalu banyak sehingga menyebabkan penyumbatan. Beberapa gejala yang disebutkan Everyday health adalah sakit kepala, pandangan mengabur, kejang, muntah, dan ucapan menjadi cadel atau tidak jelas.

Baca Juga: Kenali gejala dan penyebab penyakit kanker darah

Gejala Leukemia Limfositik Kronis

Awalnya, leukemia limfositik kronis tak menunjukkan gejala ap pun meski Anda sudah terdiagnosa. Namun, seiring berjalannya waktu, ada beberapa gejala yang Anda alami. Misalnya, sering mimisan, gusi berdarah, dan muncul memar. Saat leukemia limfositik kronis menyerang liver, Anda menjadi lebih mudah kenyang meski baru makan sedikit.

Gejala Leukemia Myeloid Kronis

Sel darah putih abnormal yang terlalu tinggi menyebabkan tubuh Anda kesulitan untuk melawan infeksi. Biasanya, gejala yang Anda alami akibat jenis leukemia itu mirip dengan leukemia limfositik kronis, seperti mudah berdarah. Tak hanya, itu, tulang dan sendi juga bisa menjadi lebih mudah sakit.

Selanjutnya: Awas, ini tanda penyakit yang muncul jika berat badan turun terus menerus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×