kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump diprediksi akan menunda kenaikan tarif sektor otomotif enam bulan ke depan


Rabu, 15 Mei 2019 / 23:09 WIB
Trump diprediksi akan menunda kenaikan tarif sektor otomotif enam bulan ke depan


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diperkirakan akan menunda keputusan mengenakan tarif pada mobil dan suku cadang yang diimpor hingga enam bulan, tiga pejabat administrasi Trump mengatakan kepada Reuters untuk meredam eskalasi perang dagang dengan China.

Mengutip Reuters, Rabu (15/5), para pejabat tersebut mengatakan, pengumuman resmi diharapkan dilakukan pada hari Sabtu. Tanggal tersebut merupakan tanggal jatuh tempo bagi Trump untuk membuat keputusan atas rekomendasi Departemen Perdagangan untuk melindungi industri mobil AS dari impor dengan alasan keamanan nasional.

Mereka menambahkan bahwa pemerintah telah merancang bahasa resmi dalam menunda keputusan tentang tarif yang akan jatuh tempo pada 18 Mei. 

Reuters melaporkan pekan lalu bahwa para pembuat mobil memperkirakan Trump akan menunda keputusan tersebut saat negosiasi perdagangan sedang berlangsung dengan Uni Eropa dan Jepang.

General Motors Co, Volkswagen AG, Toyota Motor Corp dan lainnya telah memperingatkan dampak merusak dari pengenaan tarif hingga 25% pada mobil dan suku cadang impor.

Gedung Putih telah mengadakan serangkaian pertemuan tingkat tinggi tentang masalah ini dalam beberapa hari terakhir, dan pejabat administrasi telah berulang kali mengatakan kepada para pembuat mobil bahwa mereka berencana untuk menunda keputusan.

Pada bulan Februari, Departemen Perdagangan menyerahkan laporan keamanan nasional "Bagian 232" kepada Gedung Putih. Badan itu sedang menyelidiki apakah impor menganggu keamanan nasional AS dengan melemahkan kemampuan pembuat mobil Amerika untuk berinvestasi dalam teknologi masa depan. Rekomendasi khusus Departemen Perdagangan belum terungkap.

Serangkaian pengumuman oleh GM minggu lalu sebesar US$ 700 juta dalam investasi di tiga pabrik Ohio dan upaya untuk menjual pabrik Lordstown yang ditutup perusahaan telah membuat Trump lebih cenderung menunda tarif, kata pejabat administrasi kepada Reuters pekan lalu.

Pada saat yang sama, Trump telah meningkatkan perang dagangnya dengan China, dengan tajam meningkatkan tarif barang-barang Tiongkok senilai US$ 200 miliar dan meluncurkan konsultasi publik tentang sisa impor Tiongkok sekitar US$ 300 miliar.

Tarif otomatis mendapat pertentangan yang meluas di Kongres. Namun Gedung Putih telah menolak untuk menyerahkan laporan Departemen Perdagangan kepada Senator Republik Chuck Grassley, ketua Komite Keuangan Senat, yang telah menuntut untuk melihatnya.

Pekan lalu, 159 anggota Dewan Perwakilan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komite Cara dan Sarana Terri Sewell menulis Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih Larry Kudlow mendesaknya agar memberi nasihat kepada Trump agar memberlakukan pembatasan perdagangan yang dapat membahayakan sektor otomotif dan ekonomi Amerika.

Surat dari 79 Demokrat dan 81 Republik, yang dilihat oleh Reuters, memperingatkan bahwa memberlakukan tarif pada bagian-bagian dalam mobil akan tumpang tindih dengan sepeda motor, kendaraan rekreasi, peralatan konstruksi, truk tugas berat, peralatan pertanian, kendaraan olahraga, dan lain-lain.

Pejabat administrasi mengatakan ancaman tarif pada mobil adalah cara untuk memenangkan konsesi dari Jepang dan Uni Eropa. Tahun lalu, Trump setuju untuk tidak mengenakan tarif selama pembicaraan dengan kedua mitra dagang berjalan dengan cara yang produktif.




TERBARU

[X]
×