Tidak perlu pilih-pilih vaksin Covid-19

Kamis, 25 November 2021 | 09:30 WIB   Reporter: Abdul Basith Bardan
Tidak perlu pilih-pilih vaksin Covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ragam vaksin Covid-19 sudah tersedia di Indonesia. Hingga saat ini, terdapat 11 vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). 

Baru-baru ini, BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covovax asal India. Hal ini menjadi bisa alternatif dalam program vaksinasi nasional untuk meningkatkan cakupan vaksinasi. Vaksin ini diproduksi Serum Institute of India Pvt Ltd India (SII) dan diperuntukkan bagi dewasa berusia 18 tahun ke atas. 

Meski banyak varian vaksin, Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan mengatakan, penggunaan vaksin mengikuti arahan pemerintah saja. "Menurut saya ikut anjuran pemerintah saja untuk vaksin," ujarnya pada Kontan.co.id, Rabu (24/11).

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 24 November: Ada penambahan vaksinasi 1,65 juta dosis

Trioksa yang sudah vaksin sebelumnya mendapatkan jenis vaksin Sinovac. Untuk vaksin booster nantinya, dia akan tetap mengikuti arahan dari pemerintah. 

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono sebelumnya menghimbau agar masyarakat untuk tidak pilih-pilih merek vaksin. Masyarakat diminta sesegera mungkin melaksanakan vaksinasi.

"Tidak usah pilih-pilih vaksin. Vaksin terbaik adalah vaksin yang tersedia saat ini. Jika kita menunda vaksinasi akan berdampak lebih parah pada kondisi tubuh jika terkena Covid-19," katanya baru-baru ini.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Promo Big Travel Sale Tokopedia! Diskon Tiket Pesawat, Kereta & Hotel hingga Rp1 Juta

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru