Kesehatan Umum

Terbukti secara ilmiah, inilah khasiat daun kelor untuk kesehatan

Selasa, 27 Oktober 2020 | 12:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Terbukti secara ilmiah, inilah khasiat daun kelor untuk kesehatan

ILUSTRASI. Khasiat daun kelor bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


KONTAN.CO.ID - Daun kelor digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh sejak ribuan tahun lalu. Khasiat daun kelor berasal dari banyaknya antioksidan dan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya.

Anda perlu mengonsumsi bahan alami ini secara rutin untuk mendapat manfaatnya. Berikut khasiat daun kelor: 

Kaya nutrisi

Daun kelor mengandung banyak sekali nutrisi yang penting untuk tubuh. Mengutip dari Healthline.com, terdapat 2 gram protein, 12% vitamin C, 9% vitamin A, dan 11% zat besi dalam 21 gram daun kelor.

Meski demikian, daun kelor juga mengandung banyak antinutrisi. Artinya, penyerapan vitamin dan mineral bisa berkurang.

Jadi, jumlah daun kelor yang Anda konsumsi tetap harus diperhatikan. Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi daun kelor.

Baca Juga: 4 Manfaat daun kelor, bisa turunkan kolesterol dan gula darah

Mengandung banyak antioksidan

Khasiat daun kelor berasal dari antioksidan yang banyak terkandung di dalamnya. Kandungan itu berperan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit. Misalnya, diabetes dan sakit jantung.

Beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam daun kelor adalah quercetin dan chlorogenic acid. Quercetin bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sedangkan chlorogenic acid berpengaruh pada gula darah dalam tubuh.

Mengurangi peradangan

Melansir dari Healthline.com, daun kelor juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan atau inflamasi. Jika peradangan dalam tubuh terus dibiarkan dan tak diobati segera, kondisi kesehatan Anda bisa terganggu. Risiko penyakit jantung dan kanker bisa meningkat karena hal itu.

Para peneliti percaya bahwa daun kelor memiliki kandungan antiinflamasi utama yang bernama isothiocyanate. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efek tersebut.

Baca Juga: Air rebusan daun kelor efektif mengobati diabetes melitus, begini cara meraciknya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru