Penyakit Menular

Tak boleh Anda abaikan, efek samping vaksin Cobid-19 ini

Selasa, 11 Mei 2021 | 20:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak boleh Anda abaikan, efek samping vaksin Cobid-19 ini

KONTAN.CO.ID - Ada banyak efek samping vaksin Covid-19 yang bisa Anda alami. Biasanya, kondisi itu Anda alami dalam waktu singkat saja. Namun, ada satu efek samping yang perlu Anda waspadai, apalagi jika berlangsung lebih dari tiga hari.

Meski jarang terjadi, Anda bisa mengalami kesemutan setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Mengutip dari Best Life, hal itu terjadi sebagai respons sistem saraf terhadap tusukan jarum. Jadi, seharusnya kondisi itu hanya Anda alami dalam waktu singkat.

Namun, kesemutan juga bisa terjadi karena Anda merasa cemas atau takut terhadap suntikan jarum. Hal itu bisa menyebabkan detak jantung meningkat sehingga Anda mengalami hiperventilasi.

Hiperventilasi adalah kondisi di mana Anda bernapas terlalu cepat sehingga Anda mengeluarkan karbon dioksidan terlalu banyak.

Akibatnya, ukuran pembuluh darah mengecil sehingga aliran darah terganggu. Hal itulah yang mengakibatkan Anda mengalami kesemutan.

Baca Juga: Efek samping suntik vaksin corona ini wajar terjadi, tak perlu ditakuti

Baca Juga: Inilah virus corona hasil mutasi yang sudah masuk ke Indonesia

Kondisi tersebut merupakan hal yang wajar. Namun, kesemutan setelah disuntik vaksin juga bisa disebabkan oleh hal yang lebih berbahaya.

Melansir Best Life, jarum suntik yang masuk terlalu dalam dapat mengganggu kondisi sistem saraf.

Jika Anda mengalami kesemutan selama lebih dari tiga hari setelah Anda disuntik vaksin, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Jika terlambat ditangani, efek samping itu bisa menyebabkan masalah yang lebih parah.

Selain kesemutan, tentu saja Anda perlu memerhatikan efek samping vaksin Covid-19 yang lain. Jika ada efek samping yang mengganggu keseharian Anda, segera periksakan diri ke dokter.

Kemudian, ada beberapa hal terkait vaksin Covid-19 yang perlu Anda perhatikan. Usahakan untuk tidak melakukan olahraga atau aktivitas yang menguras fisik beberapa jam sebelum dan sesudah divaksin Covid-19.

Lalu, pastikan Anda minum banyak air putih supaya tubuh tidak dehidrasi dan efek samping bisa hilang dengan lebih cepat.

Selanjutnya: Jangan takut, efek samping suntik vaksin Covid-19 ini bisa sembuh sendiri

Editor: Belladina Biananda
Terbaru