Sudah mulai berani wisata asal tetap terapkan protokol kesehatan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:10 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Sudah mulai berani wisata asal tetap terapkan protokol kesehatan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah penurunan kasus pandemi covid-19 di Indonesia, beberapa aktivitas mulai diizinkan kembali sekaligus untuk meningkatkan perekonomian. Salah satunya ialah kegiatan wisata yang diperbolehkan dengan beberapa tempat sudah mendapat izin buka.

Terbaru, pemerintah juga sedang mempertimbangkan untuk membuka gerbang internasional dengan mengizinkan wisatawan mancanegara masuk Indonesia, terutama Bali. Namun, proses karantina pun tetap perlu dilakukan.

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono pun berpendapat bahwa saat ini kegiatan berwisata sudah tergolong aman untuk diperbolehkan. Hanya saja, verifikator aplikasi PeduliLindungi dipastikan sudah terpasang di tempat wisata tersebut.

Baca Juga: Waspada, hal ini bisa tingkatkan risiko kematian Covid-19

“Pemerintah anjurkan masyarakat jangan memilih wisata yg tidak terpasang aplikasi verifikator dan pilih wisata yg tak ramai dan terbuka,” ujar Pandu.

Sementara itu, founder Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) Wong Sandy Surya mengaku sudah pergi ke beberapa kota dalam beberapa bulan terakhir, baik untuk bekerja atau juga liburan. Ia mengaku tetap memperhatikan protokol kesehatan ketika bepergian.

Untuk persiapan perjalanan wisata , Sandy bilang kalau dirinya selalu membawa termos agar sedia air hangat, bawa madu, vitamin dan obat-obat yang sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, ia juga berani bepergian karena dirinya sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dengan dosis lengkap.

“Bahkan desember ini rencana mau keluar negeri ke Swiss menikmati putihnya salju. Yang penting 3M dan sudah vaksin lengkap,” pungkasnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Penyintas covid-19 bisa vaksinasi lebih awal, bantu wujudkan herd immunity

 

Editor: Handoyo .
Terbaru