Kesehatan Umum

Sering buang air kecil? Ini 3 cara mengatasi yang bisa Anda coba

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 19:19 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Sering buang air kecil? Ini 3 cara mengatasi yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Cara mengatasi sering buang air kecil perlu Anda lakukan agar tubuh jadi lebih nyaman. KONTAN/Daniel Prabowo/14/05/2012

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sering buang air kecil bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Umumnya, seseorang buang air kecil sebanyak empat hingga delapan kali dalam sehari. Jika lebih dari itu, cara mengatasi sering buang air kecil perlu dilakukan agar kondisinya tidak semakin parah.

Mengetahui penyebab dapat dijadikan salah satu cara mengatasi sering buang air kecil. Mengutip dari Web MD (webmd.com), sering buang air kecil disebabkan karena terlalu banyak minum atau masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: 3 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru dengan cara alami

Sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak jadi penyebab diabetes 1 dan 2. Tubuh berusaha mengeluarkan glukosa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh melalui urin. Masa kehamilan awal wanita juga dapat jadi penyebab sering buang air kecil karena pertumbuhan uterus yang menekan kandung kemih.

Sering buang air kecil juga bisa disebabkan karena masalah prostat, penggunaan diuretik, strok, atau masalah saraf lainnya. Web MD menyebutkan ada beberapa cara mengatasi sering buang air kecil yang bisa Anda lakukan.

Bladder Retraining

Bladder retraining adalah cara mengatasi sering buang air kecil yang melibatkan program latihan. Selama 12 minggu, Anda bisa mengatur jarak buang air kecil menjadi lebih lama. Latihan ini dilakukan untuk melatih kandung kemih menampung urin lebih lama. Jadi, Anda bisa lebih jarang buang air kecil.

Modifikasi Makanan

Web MD mengatakan bahwa cara mengatasi sering buang air kecil juga bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan makan. Anda harus menghindari makanan yang bisa membuat iritasi pada kandung kemih atau bekerja layaknya diuretik.

Baca Juga: 3 Cara meredakan pilek pada bayi yang mudah dilakukan

Kafein, alkohol, minuman berkarbonasi, makanan pedas, makanan yang terbuat dari tomat, atau cokelat adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari. Penting juga untuk mengonsumsi makanan berserat untuk menghindari sembelit yang memperparah kondisi Anda.

Atur Jadwal Minum

Cara mengatasi sering buang air kecil juga bisa dilakukan dengan mengatur jadwal. Anda mungkin sering terbangun di malam hari hanya untuk buang air kecil. Hal itu bisa dihindari dengan tidak banyak minum air sebelum waktu tidur tiba.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru