kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain orang dewasa, anak-anak pun perlu mewaspadai Covid-19


Rabu, 27 Oktober 2021 / 15:38 WIB
Selain orang dewasa, anak-anak pun perlu mewaspadai Covid-19
ILUSTRASI. Ada banyak cara mencegah virus corona yang bisa dilakukan anak-anak. KONTAN/Baihaki.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Cara mencegah virus corona tidak hanya dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, pakai masker, dan menjaga kebersihan tangan. Mendapat suntikan vaksin Covid-19 perlu Anda lakukan supaya tubuh lebih terlindungi dari infeksi virus tersebut.

Mengutip dari Eatthis.com, Food and Drug Administration (FDA) mendengarkan saran para ahli tentang vaksinasi Covid-19 pada anak usia 5-11 tahun. Anak-anak pun bisa terinfeksi virus corona dan menularkannya kepada orang lain. Maka dari itu, vaksinasi pada anak-anak adalah hal penting.

Selain risiko kematian akibat Covid-19 cukup banyak, anak-anak juga rentan mengalami long covid. Long covid adalah kondisi di mana gejala Covid-19 tak mudah hilang meski sesorang sudah dinyatakan sembuh dari penyakit tersebut.

Meski Covid-19 yang dialami anak-anak tidak berat, ada beberapa gejala long covid yang bisa terjadi. Mulai dari kelelahan hingga brain fog. Melansir Eatthis.com, hal itu tentu saja dapat mengganggu aktivitas anak-anak sehari-hari.

Baca Juga: Wajib tahu! Simak syarat lengkap perjalanan terbaru dari Satgas

Baca Juga: Cara menjaga kesehatan pasca sembuh dari Covid-19

Apabila semuanya berjalan lancar, Centers for Disease Control atau CDC akan mengizinkan vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 5-11 tahun pada awal November. Sembari menunggu kebijakan tentang vaksinasi anak-anak, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi anak-anak dari Covid-19.

Pertama, terapkan protokol kesehatan secara disiplin. Minta anak untuk memakai masker yang sesuai standar kesehatan dengan benar. Biasakan anak untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain dan rajin membersihkan tangan, baik memakai hand sanitizer atau sabun dan air.

Kedua, jaga sistem imun tubuh anak supaya tetap kuat. Beri makanan bergizi ke anak dan ajak anak untuk rajin olahraga. Anda bisa memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah sehingga kesehatan tubuh anak tetap terjaga.

Selanjutnya: ​Pertusis atau batuk rejan: gejala, komplikasi, penularan, pencegahan, dan pengobatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×